BUM Desa Binangun Danareja Mandiri Salamrejo Beri Kontribusi PAD Kalurahan Sebesar 34 Jutaan

Kulon Progo; Pada tahun 2023 Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Binangun Danarejo Mandiri Salamrejo berhasil memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Desa (PAD) Kalurahan Salamrejo sebesar Rp34.053.000,00 (tiga puluh empat juta lima puluh tiga ribu rupiah).

“Kontribusi mengalami kenaikan sebesar 26 persen dibandingkan tahun sebelumnya”. Ungkap Sumarsono selaku Direktur BUM Desa Binangun Danareja Mandiri Salamrejo pada saat musyawarah kalurahan pertanggungjawaban BUM Desa tahun 2023 pada hari Minggu, 31 Maret 2024 di Aula Balai Kalurahan Salamrejo.

Lebih lanjut Sumarsono dalam paparannya menyampaikan bahwa kenaikan kontribusi terhadap PAD Kalurahan seiring dengan kenaikan pendapatan dan/atau laba yang diperoleh BUM Desa. Pada tahun 2023 kemarin BUM Desa berhasil memperoleh total pendapatan sebesar Rp362.390.255,00. Setelah dikurangi dengan biaya operasional diperoleh laba bersih sebesar Rp68.106.000,00 (enam puluh delapan juta serratus enam ribu rupiah).

Pendapatan tersebut diperoleh dari beberapa jenis usaha yang dijalankan oleh BUM Desa Binangun Danareja Mandiri Salamrejo di tahun 2023. Diantara usaha yang dijalankan adalah usaha jasa keuangan mikro, pengelolaan pasar senja sentolo, pengelolaan sampah, persewaan, dan pariwisata. Dari sekian usaha yang dijalankan, usaha jasa keuangan mikro masih menjadi usaha yang memberikan pendapatan dan/laba terbesar bagi BUM Desa.

Pada kesempatan musyawarah kalurahan tersebut juga disampaikan paparan hasil pengawasan dari Dewan Pengawas. Chrisnawan Indra Putra salah satu anggota Dewan Pengawas dalam paparannya menyampaikan beberapa catatan dan factor yang mempengaruhi kinerja BUM Desa Binangun Danareja Mandiri diantaranya biaya operasional yang masih terbilang tinggi, dan adanya beberapa usaha yang dijalankan masih kurang optimal.

Sementara itu Lurah Salamrejo Dani Pristiawan, SP. dalam sambutannnya menyampaikan apresiasi kepada Direktur dan tim pengelola BUM Desa Binangun Danareja Mandiri yang telah bekerja keras sehingga pada tahun 2023 BUM Desa menunjukan capaian kinerja yang positif. Hal tersebut tercermin dalam laporan yang disajikan oleh Direktur BUM Desa. Bahkan pada laporan tersebut juga bisa menggambarkan adanya pola kerja dan sinergitas yang baik antar stakeholder BUM Desa.

Diakhir sambutannya Dani Pristiawan yang juga menjabat sebagai Penasihat BUM Desa menyampaikan pesan kepada pengawas dan juga pengelola BUM Desa agar melakukan pencermatan lagi terhadap Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga BUM Desa sehingga operasionalisasi BUM Desa bisa berjalan efektif sesuai dengan AD ART BUM Desa.