Evaluasi Kegiatan Lapangan Duta Perubahan Perilaku

Selasa, 24/08/21, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana mengadakan kegiatan tatap muka dalam rangka evaluasi kegiatan lapangan Duta Perubahan Perilaku. Duta Perubahan Perilaku atau DPP adalah beberapa anggota masyarakat yang bersedia menjadi duta perubahan untuk bersama dengan Satgas Penanganan Covid19 memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar tercipta perubahan perilaku dalam rangka mengatasi pandemi covid19. Perubahan perilaku yang dimaksud adalah perubahan perilaku menuju pola hidup sehat serta tetap menegakkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, dan mengurangi kerumunan. Di Kabupaten Kulon Progo terdapat sebanyak 96 Duta Perubahan Perilaku (DPP) yang tersebar di 12 kapanewon.

Kegiatan evaluasi dihadiri oleh 48 Duta Perubahan Perilaku yang berasal dari kapanewon yang berada di wilayah Kulon Progo bagian utara, yakni: Kokap, Samigaluh, Kalibawang, Nanggulan, Pengasih, Girimulyo, dan Sentolo. Kepala Dinas PMD Dalduk dan KB serta Kepala Bidang KB bertindak selaku pembicara dalam kegiatan ini. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Adikarto, Gedung Kaca, Komplek Pemda Kabupaten Kulon Progo ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti pengecekan suhu peserta sebelum masuk ruangan, wajib mencuci tangan sebelum masuk ruangan, selalu mengenakan masker, dan duduk dengan menjaga jarak.

Dalam paparannya, Siti Sholikhah, Kepala Bidang KB menyampaikan, “Hasil kinerja Duta Perubahan Perilaku sampai dengan tanggal 23 Agustus 2021 menunjukkan bahwa sebanyak 18.853 masker telah dibagikan kepada masyarakat. Dan masyarakat yang telah diedukasi sejumlah 28.916 jiwa. Wilayah yang menunjukkan jumlah kegiatan edukasi masyarakat paling banyak berada di Kapanewon Pengasih, sedangkan yang paling rendah adalah Kapanewon Kokap.” (fa)