BKKBN Menggunakan Logo Baru

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sebagai institusi yang bertanggungjawab dalam program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di tahun 2020 ini telah menggunakan logo baru. Peluncuran logo baru BKKBN ini dilakukan di halaman Kantor Pusat BKKBN, Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Kamis (02/01).

Ka BKKBN Pusat dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) menyatakan bahwa peluncuran logo baru ini sebagai bagian dari penegasan BKKBN yang ingin terhubung dengan generasi muda dan menyesuaikan dengan perubahan lingkungan yang demikian cepat. Maksud yang ingin dicapai adalah agar program KKBPK tetap relevan dengan perkembangan masyarakat saat ini dan ke depan.

Menurut Hasto Wardoyo, saat ini, khalayak utama BKKBN adalah generasi Millennial dan Zillenial. Sehingga rebranding ini sebuah keniscayaan, di mana era sekarang sudah berbeda dengan era-era yang dulu, dan kita tahu hampir 35% penduduk kita adalah millenials. Oleh karena itu, jika kita tidak melakukan rebranding atau cara baru dalam berkomunikasi dengan masyarakat, sepertinya sulit rasanya BKKBN diterima oleh generasi baru,

BKKBN saat ini memandang remaja dalam dua perspektif. Yang pertama, remaja yang luar biasa harus tumbuh menjadi generasi yang berkualitas dan siap untuk bisa menjadi subjek pembangunan menuju Indonesia yang maju dan berkualitas. Kedua, remaja calon pasangan usia subur yang akan membentuk keluarga dan calon orangtua bagi anak-anaknya, harus memiliki perencanaan dan kesiapan berkeluarga,” tambah Hasto.

Di tahun 2020 ini, Ka BKKBN berharap, dengan logo baru yang didukung dengan cara kerja baru akan mampu merubah mindset sehingga pegawai BKKBN mampu mengedepankan nilai-nilai pengabdian, fokus kedepan dipertajam pada calon keluarga baru, calon pasangan hidup baru, memperdalam pemahaman tentang kependudukan. Beliau juga berharap program keluarga berencana lebih kepada sukses pelayanan, akses, rantai pasok, dan saya juga berharap kejujuran menjadi hal yang tertinggi.

Logo baru BKKBN sendiri  tersusun dari beberapa komponen yang membentuk satu kesatuan harmonis yang saling mengisi dengan warna biru yang elegan yang melambangkan kestabilan BKKBN dalam menjadi partner perencanaan keluarga dan masyarakat.

 

Logogram diadopsi dari lambang cinta yaitu hati. yang merepresentasikan bahwa awal dari sebuah perencanaan adalah dari kasih sayang keluarga dan keharmonisan keluarga yang didukung dengan lingkungan yang selalu mensupport.

 

BKKBN akan selalu berusaha untuk merangkul memfasilitasi dan menjadi partner dalam setiap perencanaan yang dilakukan oleh keluarga dan masyarakat dari masa kanakkanak sampai dewasa

 

kupu-kupu adalah lambang perencanaan dan proses. dapat dilihat dari proses metamorfosis kupu-kupu dari seekor ulat hingga menjadi kupu-kupu yang indah

 

Pencapaian harus direncanakan tanpa batas. setiap jatuh harus bangun tanpa henti. begitupun BKKBN tanpa lelah akan terus menjadi partner keluarga dan masyarakat