Pak Ndut Kawinkan KB dan Wisata Lewat Lagu

Pak Ndut, Panggilan akrab Drs. Mardiya, Ka Bidang Pengendalian Penduduk pada Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo, mencoba mengawinkan KB dan Wisata yang dikemas lewat lagu. Artinya lagu yang dibuat digunakan untuk promosi KB dan Wisata dalam rangka mengembangkan kedua program tersebut agar ke depan dapat berjalan sinergis dan saling mendukung. Upaya ini dilakukan mengingat bidang pariwisata yang telah berkembang pesat dan menarik minat seluruh kalangan masyarakat belum tersentuh oleh pesan-pesan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Dan apabila hal ini bisa di lakukan dengan baik, maka gaung program KB akan cepat tersebar luas yang mempengaruhi opini publik.

Lagu-lagu yang diciptakan Pak Ndut/Drs. Mardiya yang mencoba mengawinkan pesan KB dan Wisata antara lain Plesiran Neng Kulon Progo, Tamasya Ke Kalibiru, Goa Kiskendo, Duren Kalibawang, dan Bendung Kamijoro. Beberapa lagu tersebut saat ini telah diunggah ke YouTube yang dapat dicari dengan mengetik "Drs. Mardiya" pada kolom search/cari. Saat ini baru disiapkan lagu Enting-Enting Jahe Galuh Aji yang diharapkan videoklipnya selesai akhir bulan ini. Ke depan akan dibuat lagu Goa Kebon, Pule Payung, Widosari, dll.

Menurut Pak Ndut, lagu itu memang digunakan untuk promosi dan promosi KB tidak hanya menyangkut persoalan pentingnya menggunakan kontrasepsi, tetapi hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah persoalan ketahanan keluarga dan pelaksanaan 8 fungsi keluarga, mulai dari fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi serta fungsi pembinaan lingkungan.