SOSIALISASI SINKRONISASI SCORECART STUNTING DENGAN SIP POSYANDU

Dalam rangka melaksanakan percepatan program konvergensi penanganan stunting serta untuk mengefektifkan pengisian score card stunting dan SIP posyandu dilaksanakan sosialisasi sinkronisasi pengisian revisi SIP Posyandu tgl 5 dan 6 Nov 2019 di ruang Sermo dan Glagah.

Peserta yang hadir dalam acara ini adalah 87 Kasi Kesra Desa dan Kader Posyandu 87 Desa (merupakan KPM/KAder Pembangunan Manusia) dan 1 Kelurahan serta di hadiri oleh Forkom Posyandu Kecamatan.

Adapun narasumber dari Tenaga Ahli Kabupaten, Dinas PMD Dalduk dan Kb serta  Dinkes Kulon Progo dan Puskesmas. Materi yang disampaikan adalah materi SIP Posyandu yang selama ini telah dilaksanakan pengisiannya oleh kader Posyandu serta di konversi dengan materi scorecart stunting,  yang telah dibahas beberapa kali oleh Dinas PMD Dalduk dan KB beserta Tim Pokjanal Kabupaten, Dinas Kesehatan (termasuk Puskesmas) beserta dengan Kasie Kesra di Kecamatan.

Sebagai dasar adalah PMK 193/PMK.07/2018 Pengelolaan Dana Desa : Penyaluran Dana Desa dari RKUN ke RKUD sebagaimana dimaksud dalam  Pasal 20 ayat (2) dilaksanakan setelah Kepala KPPN selaku KPA Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa menerima dokumen persyaratan penyaluran, dengan ketentuan  untuk tahap III berupa:  laporan konvergensi pencegahan stunting tingkat kabupaten/kota tahun anggaran sebelumnya. 

      • proses pengisian SIP (sistim informasi Posyandu) yang di sesuaikan scorcart konvergensi Stunting sebagai syarat pencairan dana desa tahap berikutnya.
      • Penyaluran DD Tahap 3 dari Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ke Rekening Kas Daerah (RKD) harus melampirkan laporan konvergensi stunting tingkat desa.   Di Kabupaten Kulon Progo diharapkan pada 2020 semua Desa telah memberikan laporan konvergensi stunting, meskipun telah diawali dalam pencairan tahap III DD tahun 2019.