TAHAPAN PENGISIAN BPD SELURUH DESA: PENELITIAN ADMINISTRASI

Berdasarkan jadwal tahapan pengisian keanggotaan BPD secara serentak, telah terlampaui masa pendaftaran atau penjaringan Bakal Calon BPD. Mengacu pada jadwal tahapan bahwa masa pendaftaran adalah 14 – 22 Oktober 2019. Apabila tidak diperoleh Bakal Calon paling kurang sesuai syarat yg ditentukan, yaitu minimal 2 Bakal Calon untuk keterwakilan perempuan dan minimal 3 Bakal Calon untuk keterwakilan setiap Wilayah Pemilihan/Perwakilan, maka dilakukan perpanjangan pendaftaran pertama pada 23 – 25 Oktober 2019. Apabila tetap tidak diperoleh Bakal Calon paling kurang sesuai syarat yg ditentukan tersebut, maka dilakukan perpanjangan kedua pada 28 – 30 Oktober 2019.

Dalam pantauan yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, terlihat bahwa masih terdapat beberapa Bakal Calon yang telah mendaftar namun belum lengkap persyarat an administrasinya.

Menyikapi hal ini, Dinas PMD Dalduk dan KB melalui Panitia Pengisian BPD menyampaikan bahwa masih ada kesempatan bagi Bakal Calon untuk melengkapi, sebagaimana diatur dalam Peraturan Bupati Nomor 16 tahun 2019 tentang Tata Cara Pengisian, Peresmian, Pemberhentian, dan Pergantian Antar Waktu Keanggotaan Badan Permusyawaratan Desa  pada Pasal 11 ayat (5) bahwa “Apabila masih terdapat kekurangan kelengkapan persyaratan administratif, Bakal Calon Anggota BPD diberi waktu untuk melengkapi paling lambat 7 (tujuh) hari setelah penyampaian hasil pengisian keanggotaan BPD oleh Panitia Pengisian Tingkat Desa kepada Kepala Desa”.

Sementara itu di sejumlah desa juga telah diperoleh minimal 2 Bakal Calon untuk keterwakilan perempuan, sehingga dengan demikian maka pengisian BPD dari unsur keterwakilan perempuan di desa tersebut menggunakan mekanisme Pemilihan Langsung. Hal itu terjadi antara lain di Desa Palihan, Demen, Temon Kulon, Ngestiharjo, Tayuban, Karangsewu, Ngentakrejo, Karangsari, Pengasih, Giripurwo, Banjararum dan lain-lain.

Setelah melewati masa pendaftaran termasuk dua kali perpanjangan, maka akan dilanjutkan tahapan penelitian persyaratan administrasi untuk meneliti kelengkapan dan keabsahan dokumen pada tanggal 31 Oktober – 4 November 2019.