Harganas DIY Dipusatkan di Kulon Progo

Harganas DIY Dipusatkan di Kulon Progo

Puncak Acara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI Tahun 2019 Tingkat DIY akan dipusatkan di Kulon Progo dengan mengambil lokasi acara di Taman Budaya Kulon Progo, Kamis (1/8/2019). Acara yang melibatkan 1000 tamu undangan rencana akan dihadiri Ka BKKBN Pusat dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K), Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Ketua TP PKK DIY GKR Hemas, Bupati/Walikota se DIY, Forkompimda serta kepala OPD terkait . Tema peringatan yang diambil tidak berbeda dengan peringatan Harganas di tingkat Pusat yang dilaksanakan di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan Sabtu (6/7/2019) lalu, yakni: Hari Keluarga, Hari Kita Semua dengan tag line Cinta Keluarga, Cinta Terencana serta semangat 26 Tahun Harganas Momentum Bersama Meraih Indonesia Emas Tahun 2045.
Ka Dinas PMD Dalduk Kulon Progo Sudarmanto, SIP, Msi yang didampingi oleh Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Drs Mardiya, saat ditemui KR, Senin (29/8/2019), menyatakan bahwa pada puncak acara, selain akan ada penyematan tanda penghargaan oleh Ka BKKBN Pusat, juga akan ada pemberian hadiah berbagai Lomba PKK Tingkat DIY oleh GKR Hemas. Di antaranya adalah adalah Kategori Terbaik DIY dan lima terbaik nasional Lomba Pengelola Posyandu yang diraih oleh Posyandu Melati, Pagerharjo, Samigaluh serta Kategori Terbaik DIY Lomba Pengelola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang diraih oleh Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh. Tim Penggerak PKK Desa Gerbosari Samigaluh juga tanggal 3 Juli 2019 telah memperoleh penghargaan nasional Pakarti Madya I Kategori Kabupaten Tahun 2019 untuk Pemanfaatan Halaman Pekarangan, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (Hatinya PKK)
Pada saat yang sama, juga akan diberikan bantuan Alat Teknologi Tepat Guna (ATTG) bagi tiga kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) yakni Kelompok UPPKS Putri Sari Kecamatan Pengasih berupa 1 buah Cup Sealer, Kelompok UPPKS Mekar Dua Kecamatan Kokap berupa 1 buah Spinner dan Kelompok UPPKS Sidomekar Kecamatan Sentolo berupa 1 buah mesin jahit. Selain itu, juga diberikan bantuan sepeda pada 5 (lima) Keluarga Pra Sejahtera di Kulon Progo yakni pada keluarga Supardi, Marsudi, Ardani, Saidi dan keluarga Heri Kuntadi.
Menurut Sudarmanto, sebelumnya pada Pra Acara, Gubernur dan rombongan akan menyaksikan senam “Kuhias Kenanganku”, juga menyaksikan peresmian 5 (lima) Rumah Data Kependudukan 1 Kampung KB dan Center Of Excellence (COE) Bina Keluarga Lansia Melati oleh Wakil Bupati Kulon Progo. Selanjutnya menyaksikan ekspose Tri Bina (BKB, BKR, BKL), Baksos Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB) serta Ekspose Produk dari berbagai Kelompok UPPKS, di antaranya dari kelompok.
Dalam rangka memeriahkan puncak acara peringatan Harganas XXVI Tahun 2019 Tingkat DIY di Kulon Progo juga akan ditampilkan Tari Generasi Berencana (Genre) oleh Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) Perabangsa SMA N 2 Wates serta Sendratari Pembangunan Keluarga sebagai media Advokasi KIE Kreatif Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).