BKKBN Sosialisasikan Pendidikan Kependudukan

Sebanyak 100 siswa dan Guru Mata Pelajaran di SMP N 1 Galur mendapat sosialisasi Pendidikan Kependudukan oleh Perwakilan BKKBN DIY kerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Kulon Progo, Selasa (23/7/2019). Kegiatan sosialisasi yang dipusatkan di Aula sekolah setempat tersebut menghadirkan nara sumber Ka Bidang Pengendalian Penduduk Perwakilan BKKBN DIY Witriastuti Susani Angraeni, SE, MM, Ka Bidang Pengendalian Penduduk Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo Drs. Mardiya, dan Ka Sub Bid Kerjasama Pendidikan Kependudukan  Yusuf Prasetyo, SPsi, MSc.

Adapun materi yang disampaikan adalah seputar Pendidikan Kependudukan di Sekolah yang diformulasikan dalam bentuk Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Menuju Siswa Berwawasan Kependudukan. Secara detail, Witriastuti Susani Angraeni, SE, MM menyampaikan materi tentang SSK dan Pojok Kependudukan. Drs. Mardiya menyampaikan materi tentang Pengembangan Kegiatan SSK, dan Yusuf Prasetyo, SPsi, MSc menyampaikan materi Pembuatan Media KIE Kependudukan.

Dalam penjelasannya, Witriastuti menyatakan bahwa SSKmerupakan bentuk Pendidikan Kependudukan di sekolah (jalur formal). SSK ini dapat di bentuk di SD, SLTP maupun SLTA dengan bobot materi yang berbeda. Di sekolah, materi pendidikan kependudukan diintegrasikan dalam mata pelajaran tertentu seperti Matematika, Fisika, Biologi, Bahasa Indonesia, Geografi dan lain-lain. Agar siswa dapat mengakses pengetahuan tentang kependudukan secara lebih baik, maka di sekolah tersebut perlu di bentuk Pojok Kependudukan yang menempati ruang tertentu di sekolah. Di pojok kependudukan ini diharapkan selain ada rak yang berisi buku-buku literatur/majalah kependudukan, juga ada majalah dinding, poster dan pesan-pesan kependudukan yang setiap saat dapat di baca oleh siswa.

Sosialisasi Pendidikan Kependudukan di Sekolah juga dilakukan di SMA N 1 Pengasih yang juga diikuti oleh 100 orang terdiri dari guru dan siswa pada hari Rabu, 24 Juli 2019. Kegiatan yang dipusatkan di Ruang Pertemuan sekolah setempat tersebut, juga membekali para siswa  untuk ekspose Pojok Kependudukan di Taman Budaya Kulon Progo, memeriahkan Puncak Acara Harganas XXVI Tahun 2019 Tingkat DIY, Kamis, 1 Agustus 2019.