DPMD Dalduk dan KB Sosialisasikan Generasi Emas

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMD Dalduk dan KB) Kabupaten Kulon Progo mensosialisasikan Generasi Emas pada Siswa Klas VII SMP N 1 Galur, Kulon Progo, Senin (15/7/2019). Sosialisasi yang diawali dengan pengarahan Ka SMP N 1 Galur Sugeng Widadi, SPd, MPd Si dan dihadiri seluruh guru dan staf sekolah tersebut dilakukan oleh Ka Bidang Pengendalian Penduduk Drs. Mardiya dengan menyajikan materi Menyiapkan Generasi Emas 2045 yang dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab.

Dalam paparannya, Drs. Mardiya menyatakan bahwa Generasi Emas merupkan generasi yang tidak saja terplajr, cerdas, kreatif, inovatif, produktif dan berkarakter kuat, tetapi juga damai dalam berinteraksi sosial, sehat dan menyehatkan serta berperadaban unggul. Generasi emas ini diperkirakan akan terwujud pada tahun 2045 di kala usia kemerdekaan Indonesia telah mencapai usia 100 tahun. Pada saat itu, para pemimpin negara dipastikan mampu mengelola negara dengan sistem pemerintahan yang bersih dan adil serta tatanan hidup yang aman dan nyaman sehingga terwujud masyarakat yang berkebudayaan luhur. Dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) dicanangkan bahwa pada hari kemerdekaannya yang ke 100, yaitu pada tahun 2045, diprediksi menjadi salah satu dari 7 kekuatan ekonomi di dunia dengan pendapatan per kapita 47.000 dollar AS.

Untuk mewujudkan generasi emas, maka diperlukan upaya penyiapan SDM berkualitas melalui pendidikan. Pendidikan harus dikembangkan agar mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kecakapan hidup dan karir yang tinggi, kemampuan belajar dan berinovasi yang baik serta kemampuan di bidang Teknologi Informasi. Oleh karena itu, mulai dari sekarang, sistem pendidikan kita harus didukung oleh pengelolaan yang profesional, tenaga guru yang berkualitas, sarana prasarana yang memadai serta lingkungan belajar yang mendukung. Sementara pada diri siswa harus ditanamkan jiwa dan semangat belajar yang kuat, disiplin, jujur, pantang menyerah dan memiliki cita-cita yang tinggi untuk menjadikan dirinya berguna bagi masyarakat banyak.