Cegah Perilaku Negatif, Karang Taruna Sendangsari Dibina

Dalam rangka mencegah perilaku negatif remaja, terutama merokok, penyalahgunan narkoba dan pergaulan bebas, Karang Taruna Desa Sendangsari mendapat pembinaan dari Polsek Pengasih dan Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo, Jumat (12/7/2019). Pembinaan yang dipusatkan di Ruang Pertemuan PKK Desa Sendangsri tersebut menghadirkan dua nara sumber, yakni Kanit Bimmas Polsek Pengasih Iptu Satiyem dan Ka Bidang Pengendalian Penduduk Drs. Mardiya. Turut hadir dalam acara tersebut Panit Bimas Polsek Pengasih Ida Sudiyono, Babinkamtibmas Desa Sendangsari Aipda Karmanta, Koordinator PKB Pengasih Ir. Sudarmi, Penyuluh KB Desa Sendangsari Maryati, Kaur Kesra Desa Sendangsari Suwarna Utama, SP, Ketua Karang Taruna Sukirman dan sejumlah anggota Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) Desa Sendangsari.

Dalam paparannya, Kanit Bimmas Iptu Satiyem menyatakan bahwa para remaja dewasa ini tidak sedikit yang melakukan perilaku negatif, sengaja atau tidak sengaja, karena pengaruh pergaulan dan informasi yang secara bebas didapatkan melalui internet mupun HP. Perilaku negatif yang dimaksud di antaranya merokok, minum-minuman keras, dan penyalahgunaan narkoba. Dampak dari perilaku negatif tersebut, selain para remaja menjadi kurang semangat dalam belajar sehingga prestasinya memburuk, mereka menjadi tidak disiplin dan cenderung berperilaku menentang bahkan melanggar hukum. Contoh yang paling mudah dalam hal ini adalah kurang dimilikinya adat sopan santun, tidak tertib dalam berlalu lintas, berani pada orangtua, menipu, mencuri, memalak dan merampok.

Sementara Ka Bidang Pengendalian Penduduk Dinas PMD Dalduk dan KB Drs, Mardiya menyatakan bahwa seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan industri yang semakin pesat, telah menyebabkan dampak negatif pada remaja berupa pergaulan bebas dan perilaku hedonisme, di mana para remaja kita cenderung bergaul tanpa batasan norma dan mendewa-dewakan harta benda. Akibatnya, banyak remja kita yang terjerumus dalam kasus kehamilan remaja/nikah dini, kekerasan dalam pacaran dan pergaulan bebas tanpa batas serta perbuatan lain yang cenderung melanggar norma agama dan budaya. Bila ini dibiarkan akan berefek negatif bukan saja pada masa depan mereka sendiri tetapi juga berefek negatif terhadap ketersediaan SDM yang berkualitas di masa mendatang, ketahanan keluarga, masyarakat dan bangsa.

Ketua Karang Taruna Desa Sendangsari Sukirman menyatakan kegembiraannya seiring dengan adanya pembinaan dari Polsek dan Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo. dengan adanya pembinaan ini harapannya, para remaja Desa Sendangsari selain mendapatkan pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh remaja, mereka juga akan peduli dan sadar akan pentingnya memberdayakan diri dalam mempersiapkan masa depannya.