Mamik, Dukung Suami KB Pria

Mamik, seniman serba bisa asal Karangwetan, Salamrejo, Sentolo, Kulon Progo yang bernama asli Suparmi, sangat mendukung suaminya program KB Pria MOP. Alasannya, ia yang telah memiliki 3 orang putra dan dua di antaranya telah menikah tersebut,  ini tidak mau memiliki anak lagi. Atas dukungannya itu, maka suaminya Parjono pada tahun 2013 lalu telah mengikuti KB MOP dan mendapatkan reward 1 ekor kambing dari Pemkab Kulon Progo.

Menurut Mamik yang telah malang melintang di dunia seni mulai dari lawak/dagelan, kethoprak, sinden, penyanyi pop dan campursari ini, KB Pria khususnya MOP sangat efektif dan aman. Selain itu menurutnya KB Pria MOP membuat suaminya tampak lebih sehat dan tidak mudah lelah. Ini menambah kebahagiaannya dalam berumah tangga. Karena itu, ia merasa sangat menikmati ketika membawakan lagu KB Pancen Nyoto bersama Sunaryo, S.Pd (dalam gambar di atas) ciptaan Pak Ndut (Drs. Mardiya) dengan iringan musik/aransemen Budi Jolong.

Selama ini, ditambahkan oleh Mamik yang juga pengurus Kelompok Seni Peduli KB (KSP-KB) Kabupaten Kulon Progo, masih banyak ibu-ibu yang melarang suaminya untuk ikut KB MOP. Alasannya, takut suaminya menjadi tidak jantan lagi. Ada juga yang takut suaminya selingkuh. Itu alasan yang tidak mendasar dan ia telah membuktikannya, bahwa KB MOP tidak mengurangi kejantanan, yang terjadi suaminya makin sehat dan kuat. Sementara soal selingkuh dan tidaknya, itu urusan pribadi masing-masing. Karena KB MOP tidak bisa dijadikan alasan atau kambing hitam.