BKB Bayuseto, Dipadukan dengan Posyandu dan PAUD

Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) Bayu Seto yang beralamat di Pedukuhan III Gotakan, Panjatan Kulon Progo yang berdiri tanggal 27 Desember 2011 melalui Keputusan Kepala Desa Gotakan No 10/KPTS/XII/2011, telah dipadukan dengan Posyandu dan PAUD yang pendiriannya berdasarkan  Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo No 421/079/KPTS/2012. Dalam rangka menjamin keberlangsungan keterpaduan ini, kelompok BKB yang memiliki visi Menjadikan Dunia  Anak Lebih Bermakna tersebut menjalin kemitraan dengan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, BPMPDPKB, Puskesmas Panjatan, Posyandu Pedukuhan III, dan lain-lain.

Menurut Ketua Pelaksana Keterpaduan BKB Bayu Seto, Rr. Hesty Kusumandhari, S.Pd, keterpaduan BKB - Posyandu - PAUD dilaksanakan sebulan sekali setiap tanggal 17. Sementara kegiatan PAUD dilaksanakan seminggu empat kali yaitu setiap hari Senin, Selasa, Rabu dan Jumat. Sedangkan kegiatan BKB nya sendiri  dilaksanakan seminggu sekali setiap hari Rabu.

Materi layanan dalam keterpaduan ini selain Pendidikan Usia Dini juga tentang Tumbuh Kembang Anak serta Gizi Anak. Lebih dari itu, seputar pengetahuan orangtua tentang KB dan penggunaan alat kontrasepsi.

Metode layanan yang digunakan, untuk BKB dilakukan melalui penyuluhan, diskusi, konseling dan praktek. Sementara untuk Posyandu melalui SDIDTK, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan pemberian Vitamin. Sedangkan, untuk PAUD dilakukan melalui pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas baik  kelompok maupun klasikal.