UPPKS Malangan, Tekuni Warung Kelontong

Kelompok UPPKS Melati Pedukuhan Malangan, Desa Sentolo, Kecamatan Sentolo, merupakan kelompok UPPKS yang cukup eksis di masyarakat. Kelompok yang berdiri Tahun 1995 ini telah dikukuhkan dengan SK Kepala Desa Sentolo. Anggotanya saat ini sebanyak 125 keluarga. Jumlah ini mencakup hampir seluruh keluarga yang ada di Pedukuhan Malangan. Dari anggota sebanyak itu, sebagian besar telah memiliki usaha perorangan. Di antaranya kerajinan agel dan aneka produk makanan seperti telur asin, keripik tempe, emping jagung, kacang bawang, peyek dan sebagainya.

Menurut Ketua Kelompok UPPKS Melati Malangan. Dra. Sri Sunarsiatin, SS, untuk usaha kelompok berupa warung kelontong. Usaha ini berjalan lancar dan cukup menguntungkan karena seluruh anggota dalam mencukupi sebagian kebutuhannya mengambil dari warung kelontong yang juga menjual kebutuhan sehari-hari seperti, gula, teh, kopi, beras, tepung dll.

Dari sisi permodalan, kelompok UPPKS tidak banyak persoalan, karena selain mendapat suport dari BKKBN,  juga mendapat pinjaman dari PT Angkasa Pura dan BKM Desa Sentolo. Selain itu juga mendapat pinjaman dari BPR Bank Pasar Kulon Progo melalui Kredit Kencana.

Keberhasilan pengurus dalam pengelolaan kelompok UPPKS ini telah membawa prestasi cukup membanggakan. Setidaknya, Tahun 2014 kelompok ini bisa meraih predikat Terbaik II DIY dalam Lomba UPPKS Tahun 2014 dan meraih predikat Terbaik I DIY dalam lomba serupa pada tahun 2015.