Sunaryo, S.Pd, Penggerak Kader dan PKB Berprestasi

Sunaryo, S.Pd yang saat ini menjabat sebagai Ka Sub Bid Pelayanan KB dan Kelembagaan KB pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDPKB) Kabupaten Kulon Progo, menjadi tokoh KB Kabupaten Kulon Progo yang patut dicontoh. Bukan saja karena ia pernah merebut kategori PKB Terbaik DIY dan Harapan II Nasional Tahun 2010, tetapi juga sebagai penggerak kader dan PKB berprestasi yang diwadahi dalam bentuk Paguyuban Kader dan PKB Berprestasi Keluarga Berencana (Paksi Kencana). Paksi Kencana ini berdiri 9 September 2009, anggotanya tidak hanya di level Kulon Progo tetapi se DIY.

Semboyan Paksi Kencana yang berbunyi: Semangat Mengabdi dan Berjuang Ikhlas Tanpa Pamrih, diluncurkan oleh Sunaryo, S.Pd sesaat setelah dikukuhkan sebagai Ketua Paksi Kencana DIY pada tanggal 3 Oktober 2013. Program kerjanya selain pertemuan rutin secara periodik dan rekruitmen anggota baru, juga membimbing kader di wilayahnya, aktif dalam bhakti sosial pelayanan KB, menjalin kerjasama dengan sektor terkait, menjadi motivator sekaligus pembimbing peserta jambore nasional, dan sebagainya.

Menurut Sunaryo, keberadaan Paksi Kencana ini ke depan sangat dibutuhkan mengingat tantangan KB di masa depan makin berat. Anggota Paksi Kencana dapat membuat terobosan bagaimana pengelolaan program KB dapat berjalan efektif dengan strategi pembinaan yang menarik. Dengan demikian akan mampu meraih simpati masyarakat, sehingga partisipasinya meningkat. Disinilah para kader dan PKB berprestasi  dapat menunjukkan manfaatnya pada masyarakat luas.