Peringatan Harganas Kulon Progo Berlangsung Meriah

Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV Tahun 2018 Kabupaten Kulon Progo yang dipusatkan di Lapangan Desa Salamrejo, Kamis (19/7)  berlangsung meriah. Tidak kurang dari 2.000 orang memadati lapangan untuk mengikuti rangkaian kegiatan massal berupa Senam Kuhias Kenanganku dan Gerak Jalan Keluarga yang menempuh rute di sekitar Balai Desa Salamrejo sejauh 3 km.  Kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedja bersama Forkompinda dan OPD terkait ini memiliki 10 agenda kegiatan mulai dari pencanangan Kampung KB, penandatanganan MOU antara RS NAS dan Dinas PMD Dalduk dan KB, Launching lagu Aja Lali KB, pelayanan KB, penyerahan Kredit Kencana, penyerahan hadiah lomba (Posyandu dan Gerakan Kuhias Kenanganku), penyerahan bingkisan bagi keluarga kurang mampu, Senam Kuhias Kenanganku, Gerak Jalan Keluarga hingga pameran/basar dari kelompok uPPKS.

Dalam laporannya, Ka Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo menyatakan bahwa tujuan pelaksanaan Harganas XXV Tahun 2018 Kabupaten Kulon Progo adalah meningkatkan peran seluruh stakeholder dan mitra kerja serta masyarakat dalam pelaksanaan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) untuk membangun keluarga kecil bahagia Sejahtera serta meningkatkan peran keluarga dalam pelaksanaan fungsi-fungsi keluarga. Terkait dengan hal tersebut, maka dalam rangkaian kegiatan Harganas elain dilakukan kegiatan KIE melalui radio dan media cetak, juga dilakukan kegiatan pelayanan KB dan lomba Gerakan Perilaku Hidup Berwawasan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (Kuhias Kenanganku) serta lomba sejenis.

Selanjutnya dalam rangka menarik minat masyarakat agar berperan aktif dalam peringatan Harganas ini, maka ditampilkan hiburan dalam bentuk orgen tunggal dengan artis Wisni, Mamik dan Timbul yang memeriahkan acara pembagian  ratusan doorprize dengan doorprize utama dari Bupati dan Wakil Bupati Kulon Progo serta Bank Pasar Kulon Progo berupa sepeda.