Harganas Kulon Progo Dipusatkan di Sentolo

Puncak pPeringatan Hari Keluarga Nasional (Hrganas) XXV Tahun 2018 Kabupaten Kulon Progo dipusatkan di Kecamatan Sentolo yang mengambil lokasi di lapangan Desa Salamrejo, Kamis (19/7). Kegiatan utama dalam acara yang diperingati setiap tahun tersebut, selain berupa gerak jalan keluarga yang akan diikuti kurang lebih 2.000 orang, juga dilakukan pencanangan Kampung KB, penandatanganan MOU antara RS NAS dengan Dinas PMD Dalduk dan KB, pelayanan KB, pemberian hadiah lomba, penyerahan Kredit Kencana, pemberian bantuan bagi keluarga miskin dan bazar kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS). Selain itu ada launching lagu Aja Lali KB ciptaan Dr. Sudibyo Alimoesa, MA dan Pak Ndut (Drs. Mardiya) dengan musik/aransemen oleh Budi Jolong.

Demikian dikatakan oleh Ka Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo, Sudarmanto, SIP, MSi dalam press releasnye, Jumat (13/7). Ditambahkannya  pada hari Kamis (19/7) besuk juga akan diterbitkan opini tentang Hari Keluarga: Hari Kita Semua, sesuai dengan tema Harganas tahun 2018 ini.

Menurut Ketua Panitia Harganas XXV Tahun 2018 Kabupaten Progo, Drs. Mardiya, tujuan penyelenggaraan Harganas tahun ini secara umum adalah meningkatkan komitmen pemerintah dan pemerintah daerah tentang pentingnya pembangunan keluarga serta meningkatkan peran dan fungsi keluarga dalam mewujudkan keluarga kecil yang berketahanan dan sejahtera. Sedangkan secara khusus tujuannya adalah: (1) meningkatkan peran serta seluruh stakeholder dan mitra kerja serta masyarakat dalam pelaksanaan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) untuk membangun keluarga kecil bahagia sejahtera, (2) Mningkatkan peran warga melalui pelaksanaan fungsi-fungsi keluarga sbagai dasar ketahanan dan kesejahteraan keluarga, (3) Terbentuknya kesiapan keluarga dalam menghadapi permasalahan dan tantangan kehidupan keluarga, (4) Menambah gaung Harganas agar masyarakat luas mengenal, mengingat dan meresapi arti hari keluarga sebagaimana hari-hari penting lainnya seperti Hari Pahlawan, Hari Sumpah Pemuda dan lain-lain.

Mardiya mengungkapkan bahwa kegiatan peringatan Harganas tahun ini selain akan dihadiri oleh Bupati Kulon Progo, Ketua TP PKK, Ketua DPRD, Forkompinda, Kepala Perwakilan BKKBN DIY, Kepala  BPPM DIY, juga akan dihadiri oleh kepala OPD terkait di lingkungan Kabupaten Kulon Progo. 

Khusus untuk kegiatan gerak jalan keluarga, disediakan beragam doorprize yang menarik dengan doorprize utama dari Bupati dan Wakil Bupati Kulon Progo, Ketua DPRD, Sekda Kulon Progo, Bank BPD DIY Cabang Kulon Progo, Bank Pasar Kulon Progo, Perwakilan BKKBN DIY, dan BPPM DIY. Dalam pembangian doorprize peserta gerak jalanakan dihibur oleh orgen tunggal dengan artis penyanyi Mamik, Wisni dan Timbul.