Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat XV dan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-46 Tahun 2018

Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat XV dan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-46 Tahun 2018 dilaksanakan secara integrasi dengan tema “Dengan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat Kita Dayagunakan Peran Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan Sebagai Mitra Pemerintah Desa/Kelurahan”. BBGRM XV dan HKG PKK Ke-46 diikuti oleh Bupati Kulon Progo, Wakil Bupati Kulon Progo, Forkopimda, Muspida, tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat.

Pembukaan sekaligus pencanangan dilaksanakan di Kecamatan Samigaluh berlokasi di Embung Sumoroto, Selasa (10/04/2018). BBGRM XV dan HKG PKK Ke-46 dibuka oleh Bupati Kulon Progo dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K).  Terkait dengan HKG PKK Ke-46 dilaksanakan Lomba paduan suara, Lomba Posyandu, Lomba Desa Siaga dan Lomba LPMD. Selain itu dalam serangkaian acara BBGRM XV dan HKG PKK Ke-46, juga dilakukan penyampaian bantuan secara simbolis.

Kegiatan BBGRM XV dan HKG PKK Ke-46 di Kecamatan Samigaluh diawali peninjauan kerja bakti cor blok jalan 184 m di Pagutan, Purwoharjo dan peninjauan pembangunan/pelebaran jalan volume panjang 600 m di Sumoroto, Sidoharjo. Selanjutnya peninjauan pemanfaatan pekarangan KWT Seruni Menoreh Indah di Pedukuhan Nglambur, Sidoharjo, pembangunan cor blok jalan di RT 06 Ngalian dan peresmian Unit Usaha Fotocopy, ATK Badan Usaha Milik Desa Binangun Desa Ngargosari.

BBGRM XV dan HKG PKK Ke-46 selanjutnya dilaksanakan di Kecamatan Lendah Rabu (11/04/2018). Dalam pelaksanaannya melakukan kunjungan ke beberapa titik, diantaranya kunjungan di lokasi kegiatan gotong royong pengecoran jalan di Pedukuhan Kwarakan, meninjau kegiatan gotong royong pembangunan talud penahan tanah yang berlokasi di Makam Kyai Panggung Pedukuhan Kutan, dan meninjau kegiatan gotong royong pengecoran jalan di Pedukuhan Wonolopo.

Pelaksanaan BBGRM XV dan HKG PKK Ke-46 di Kecamatan Girimulyo (12/04/2018) diantaranya melakukan kunjungan ke Desa Purwosari : peninjauan kegiatan Padat Karya conblok jalan, peninjauan kegiatan Bedah Rumah dan penyerahan IMB di Pedukuhan Sabrangkidul, peletakan batu pertama Pembangunan Gazebo dan pengenalan hasil pengolahan The “TEKO” serta pengenalan Tempat Wisata Rintisan Gunung Gilingan di Pedukuhan Patihombo, penyerahan bantuan bibit salak pondoh kepada Kelompok Petani Kebun Mugi Lestari dari Pedukuhan Tegalsari dan Kelompok Petani Kebun Sedyo Mratani dari Pedukuhan Sabrang Kidul, Peninjauan kegiatan Padat Karya membuat jalan baru di Pedukuhan Jonggrangan, Pembukaan  Kegiatan Pelatihan Pengolahan Pupuk di Pedukuhan Jonggrangan, Peninjauan Kegiatan Pelayanan KB di Puskesmas Girimulyo II, Peletakan batu pertama pembangunan Kantor BUMDesa Jatimulyo. Desa Giripurwo : Memecah Tabungan Pajak Bumi dan Bangunan, peninjauankegiatan Pemeriksaan Gratis dari Puskesmas Girimulyo I untuk balita dan lansia serta kampanye minum jamu, pengenalan tempat wisata rintisan Watu Jendhul di Pedukuhan Bulu. Desa Pendoworejo: peresmian PAMSIMAS di Pedukuhan Turusan, peninjauan Bazar dan Demo Pengolahan Teh Antana.

Di Kecamatan Pengasih pelaksanaan BBGRM Selasa (17/04/2018), peresmian Pasar Sor So dan menyaksikan senam masyarakat di Pedukuhan Gunung Pentul Desa Karangsari, Peresmian jalan dan tebar benih ikan, kunjungan ke Green Hause pembibitan KWT Kroco di Pedukuhan Kroco Desa Sendangsari, peresmian Gedung Budaya Desa di Balai Desa Pengasih, peresmian Dusun Terang dan gardu ronda di Pedukuhan Kemiri Desa Margosari, dan meninjau kegiatan Bedah Rumah di Pedukuhan Karongan Desa Kedungsari.

Di Kecamatan Kalibawang pelaksanaan BBGRM Rabu (18/04/2018), Peninjauan KWT Cempaka di Pedukuhan kanoman I, peresmian rabat beton di Pedukuhan Ganasari Desa Banjararum, peninjauan gotong royong bangket dan saluran drainase di Pedukuhan Kalisoka, peninjauan BUMdes Binangun Asri Sejahtera Abadi, peninjauan Bedah Rumah di Pedukuhan Beku Desa Banjarasri, peresmian Pendopo Desa di Balai Desa Banjarharjo, peninjauan gotong royong rabat beton di pedukuhan Potronalan, peninjauan Kopi Loegoe di Pedukuhan Dlingseng Desa Banjaroya.

Di Kecamatan Panjatan pelaksanaan BBGRM Kamis (19/04/2018), mengunjungi kegiatan membatik Kelompok Kerajinan Batik “Pesat”, pengguntingan pita di lokasi Pengaspalan di Pedukuhan I Desa Panjatan, mengunjungi kegiatan membatik Kelompok Kerajinan Batik “Makmur Lestari” di Pedukuhan I Desa Kanoman, meninjau Kerja Bakti corblok di Pedukuhan 4 Desa Kanoman, meninjau kerja bakti di Pedukuhan 7 Desa Bugel, dan meninjau lokasi kerja pembuatan Drainase di Desa Pleret.

Di Kecamatan Kokap pelaksanaan BBGRM Selasa (24/04/2018) melakukan kunjungan kebeberapa titik. Meresmikan Jembatan Bulu Ngulakan,meninjau Bedah Rumah dan Masjid Jannatun Na’im di Pedukuhan Selo Timur, meninjau Eks-Tambang Mangan di Pedukuhan Kliripan, meninjau ternak kambing KUBE di Pedukuhan Sambeng, meresmikan Objek Wisata Alam Kedung Luweng, meresmikan lapangan Futsal  dan gedung PAUD dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita di Pedukuhan Selo Timur.

Di Kecamatan Nanggulan pelaksanaan BBGRM Rabu (25/04/2018) menyaksikan Senam Lansia dan Bazar, kunjungan calon lokasi Bumi Perkemahan Gunung Gaamping lokasi di Komplek Balai Desa Banyuroto, peninjauan kegiatan Bangket jalan Padat Karya di Pedukuhan Plugon, meninjau pembangunan jalan corblok di bandung RT 27, meninjau pembangunan jalan corblok Bandung RT 29 sekaligus penyerahan IMB, meninjau pembangunan jalan corblok Penjalin RT 10, meninjau pembangunan jalan (semenisasi)/corblok di PedukuhanLengkong RT 18, meninjau kegiatan PISEW di Pedukuhan Kemukus, peresmian Gapura di Pedukuhan Tanjunggunung, menunjau Pelatihan Tendik PAUD di Balai Desa Tanjungharjo, meninjau kegiatan pembangunan bangket jalan di Pedukuhan Klajuran, menyaksikan kegiatan Kelompok ternak sapi Manunggal Karyo di Pedukuhan Klajuran, peninjauan Bantuan UPPO di Gapoktan Karya Sejahtera di Pedukuhan Jatingarang Lor, dan peninjauan calon lokasi TK PKK di Pedukuhan Bejaten.

Di Kecamatan Sentolo pelaksanaan BBGRM Kamis (26/04/2018) mengunjungi Kawasan Wisata Jati Moncol di Desa Sukoreno sekaligus peresmian dan penandatanganan prasasti, mengunjungi dan melihat proses pembuatan Gebang Emas di Pedukuhan Krebet, Tuksono, mengunjungi Rusunawa Keluarga dan melihat lokasi Kegiatan Padat karya di Lapangan Olah raga Paten, Tuksono, dilanjutkan ke lokasi Kegiatan Normalisasi Jalan yang merupakan salahsatu Program Padat karya di Pedukuhan Gunung Duk, Desa Tuksono, peresmian TK ABA Al-Hidayah di Pedukuhan Kradenan Desa Srikayangan, kunjungan ke KWT Mekar Wangi untuk melihat proses pembuatan bawang goreng di Pedukuhan Karang Asem Kulon Desa Srikayangan.