Pak Ndut Garap Lagu Tomira dan Airku

Dibantu arranger musik Budi Jolong, Pak Ndut/Drs. Mardiya yang juga Ka Bidang Pengendalian Penduduk di Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo, saat ini sedang menggarap lagu Tomira dan Airku atas dukungan dan fasilitasi lembaga terkait. Lagu Tomira difasilitasi oleh Dinas Koperasi dan UMKM sementara lagu Airku berikut jinglenya difasilitasi oleh PDAM Kulon Progo.

Kedua lagu yang digarap saat ini tetap mengambil irama rancak yang menyemangati masyarakat dengan warna berbeda dibanding lagu-lagu sebelumnya. Lagunya sendiri berupa ajakan pada masyarakat untuk belanja di Tomira dan meminum air produk sendiri Airku. Tomira sendiri merupakan akronim dari Toko Milik Rakyat, yakni toko modern hasil kemitraan antara koperasi dan pengusaha (Alfamart dan Indomart) yang saat ini paling tidak telah tersebar di 18 tempat di Kulon Progo. Sementara Airku merupakan air kemasan produk PDAM Kulon Progo baik yang berupa kemasan gelas, botol maupun galon. Tomira dan Airku merupakan inovasi Kabupaten Kulon Progo dalam rangka mendukung program Bela Beli Kulon Progo. Tomira dan Airku sama-sama mendukung program pembangunan keluarga sejahtera yang menjadi garapan Bidang KB dan Pengendalian Penduduk di lingkungan Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo.

Menurut Mardiya, saat ini kedua lagu ciptaannya telah selesai penggarapan aransemen musik maupun vocal guidenya, tinggal menunggu waktu rekaman di Reds Studio Yogyakarta setelah lagu tersebut disetujui oleh lembaga yang memfasilitasi. Menurut rencana artis yang akan dilibatkan dalam pengisian vocal dan videoklipnya adalah Rindi Antika dari Desa Gulurejo dan Bayu dari Desa Bumirejo. Semuanya dari Kecamatan Lendah. Nantinya mixing akan dilakukan di Jakarta agar dapat menghasilkan suara dan gambar yang pas sehingga menarik untuk didengarkan dan ditonton.

Menurut rencana, demikian Mardiya, lagu Tomira akan dilaunching pada saat Puncak Peringatan Hari Koperasi Tingkat DIY Tahun 2018 bulan Juni yang akan dihadiri Gubernur DIY, Ka Dinas Koperasi UMKM DIY,  Bupati Kulon Progo dan unsur terkait. Sementara untuk lagu Airku menyesuaikan agenda kegiatan PDAM DIY. Untuk itu, pada hari Senin (23/4) dirinya bersama Budi Jolong akan diajak oleh Ka Dinas Koperasi dan UMKM Dra. Harmintarti MM untuk menghadap Bupati Kulon Progo bersama Dinas Kebudayaan untuk persiapan.