Pelatihan PPRG dan ARG

Pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) dan Anggaran Responsif Gender (ARG) telah dilaksanakan pada tanggal 3 s/d 4 Juli 2013, bertempat di Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulon Progo yang dihadiri oleh 60 peserta dari perangkat desa dan LPMD yang berada di 4 wilayah kecamatan meliputi; Kecamatan Nanggulan, Girimulyo, Kalibawang dan Samigaluh.

Pelaksanaan pelatihan berjaan lancar dan komunikatif. Semua  peserta secara aktif ikut terlibat dalam diskusi kelompok maupun tanya jawab. Narasumber PPRG dan ARG berasal dari Aksara Yogykarta yaitu Sdri. Sri Surani, SP dan Anggoro Budi Prasetyo, SS.

Dengan pelatihan ini diharapkan peserta dapat mengaplikasikan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender dan Anggaran Responsif Gender dalam penyusunan APBDes  sehingga program dan kegiatan pemerintahan, kemasyarakatan dan pembangunan di tingkat desa dapat dilaksanakan dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat baik kaum laki-laki, perempuan, anak-anak, lansia, difabel maupun lapisan masyarakat lainnya.Dengan demikian setiap individu sebagai warga desa dapat terlibat secara aktif dan seimbang dalam proses  pembangunan dan pada akhirnya hasil pembangunan di desa dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat desa.