KIE Kreatif Program KKBPK

Berpusat di halaman Kantor Kecamatan Kokap, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMD Dalduk dan KB) Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Kreatif dalam rangka Sosialisasi Program KKBPK dengan sasaran Kader dan Remaja sebanyak 80 orang, Minggu (17/12). Acara yang dihadiri Camat Kokap, Mitoto, SIP beserta Muspika, Koordinator PKB Samsudin SS, utusan lintas sektor dan tokoh masyarakat setempat ini menghadirkan nara sumber Direktur Advokasi dan KIE BKKBN Pusat, Ka Sub Bid Advokasi dan KIE Perwakilan BKKBN DIY Witriastuti Susani Anggraeni, SE, MM dan Ka Bidang Pengendalian Penduduk DPMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo, Drs. Mardiya. 

Menurut Ka Seksi Advokasi dan Penyuluhan Suparjiyah, SIP selaku panitia penyelenggara menyatakan bahwa KIE Kreatif ini dilakukan untuk menyegarkan suasana pertemuan penyuluhan yang diselenggarakan oleh Bidang Pengendalian penduduk khususnya di Seksi KIE dan Penyuluhan. Oleh karena itu, di awal dan di akhir pertemuan disajikan atraksi seni berupa Tarian Genre dan Guyon Maton KB. Juga disajikan lagu-lagu KB karya Pak Ndut/Drs. Mardiya seperti Generasi Berencana, KB Pancen Nyoto, Wis Tekan Jamane, Ayo Dho Usaha dan Donyane Wis Kebak.

Bila KIE Kreatif ini ternyata mampu menyedot animo masyarakat untuk mendengarkan penyuluhan Program KKBPK, menurut Suparjiyah, kegiatan ini akan dilanjutkan dengan menggandeng BKKBN Pusat. Lokasi dan sasaran serta topik pembicaraan akan ditntukan kemudian. Prinsipnya KIE ini diharapkan mampu mendongkrak capaian Program KKBPK di Kabupaten Kulon Progo.