Salamrejo Mantapkan Gerakan Kuhias Kenanganku

Desa Salamrejo, Kecamatan Sentolo, sebagai pilot project Gerakan Perilaku Hidup Berwawasan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (Kuhias Kenanganku), sekarang ini mulai berbenah. Di desa yang terdiri dari 8 pedukuhan dan  36 RT ini mulai mempersiapkan kelompok-kelompok kegiatan seperti Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R), Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL) dan Usaha Peningkatan Pendapatan Kelusrga Sejahtera (UPPKS) untuk direvitalisasi bagi yang sudah terbentuk. Sementara yang belum terbentuk, dilakukan sosialisasi terlebih dahulu.

Kades Salamrejo Dani Pristiawan, SP dalam rakor bersama seluruh Dukuh, Senin (9/10), menyatakan bahwa Gerakan Kuhias Kenanganku Berbasis Masyarakat Di Desa Salamrejo harus berhasil dengan baik. Apalagi pencanangannya telah dilakukan oleh Bupati Kulon Progo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) pada hari Senin, 31 Juli 2017 bersamaan dengan Puncak Hari Jadi Desa Salamrejo yang ke-85. Untuk menjamin keberhasilan itu, di tingkat desa dan pedukuhan telah dibentuk Tim Pembudayaan Perilaku Hidup Berwawasan Kepedudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang melibatkan Dukuh, Ketua RT, Ketua RW, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, TP PKK, Pemuda dan Kader KB. Tim pembudayaan ini yang nantinya akan melakukan sosialisasi, evaluasi dan melaporkan hasilnya ke tingkat kecamatan.

Ka Bidang Pengendalian Penduduk pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulon Progo Drs. Mardiya, saat ditemui di kantornya, Senin (9/10) menyatakan bahwa akan segera mempersiapkan draft Perbub Membudayakan Kuhias Kenanganku yang nantinya akan dibahas oleh Tim Penyusunan Perbub bersama instansi terkait dengan harapan di akhir bulan November 2017 Perbub tersebut telah disahkan oleh Bupati sebagai dasar penyusunan Perdes Kuhias Kenanganku. Dengan adanya perdes dipastikan Gerakan Kuhias Kenanganku di Desa Salamrejo akan mendapat dukungan optimal dari segenap lapisan masyarakat.