Pak Ndut "Drs. Mardiya" Gubah Lagu Untuk Bumi Lestari

Dalam rangka menyadarkan masyarakat dan keluarga tentang pentingnya melestarikan lingkungan, Pak Ndut Drs. Mardiya menggubah lagu Untuk Bumi Lestari. Lagu ini mengambarkan rusaknya lingkungan akibat ulah manusia disatu sisi, dan ajakan untuk melestarikan lingkungan alam untuk menuju Bumi yang lestari. Dengan lagu ini harapannya masyakat menjadi semakin peduli terhadap kelestarian lingkungannya,  dengan tidak membuang sampah sembarangan, merusak hutan, atau melakukan penambangan liar. Lebih dari itu mengelola lingkungannya secara bijak dengan menanami pekarangan rumah berupa tanaman sayuran, bunga-bungaan atau buah-buahan. Sementara untuk sawah dan tegalan ditanami padi, palawija atau tanaman keras yang bernilai ekonomis.

Menurut Pak Ndut Drs. Mardiya yang juga Ka Bidang Pengendalian Penduduk pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga (DPMD Dalduk dan KB) Kabupaten Kulon Progo saat ditemui di Kantornya, Kamis (5/10), tema lagu yang musik dan aramennyanya akan digarap oleh Budi Jolong ini sangat pas dengan  salah satu fungsi keluarga yakni fungsi Pembinaan Lingkungan. Fungsi ini mewajibkan pada setiap keluarga yang ingin sejahtera untuk mengelola lingkungan rumah dan pekarangannya secara kreatif sehingga tidak saja sehat dan indah, tetapi juga produktif.

Hal ini juga sejalan dengan program Dinas Lingungan Hidup yang ingin melestarikan lingkungan hidup ini agar hasil-hasil dari kekayaan alam ini juga dapat dinikmati oleh anak cucu kita. Karena mereka juga punya hak untuk hidup secara layak dan sejahtera.