Gerakan Kuhias Kenanganku 3 Besar Diklat PIM III Angkatan 2

Gerakan Kuhias Kenanganku (Membudayakan Perilaku Hidup Berwawasan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Berbasis Masyarakat di Kabupaten Kulon Progo) yang digagas oleh Drs. Mardiya Peserta Diklat PIM III Angkatan 2 Tahun 2017 di Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY dengan No Presensi 14, akhirnya berhasil meraih predikat Juara III dari 10 besar proyek perubahan yang dipresentasikan pada hari Sabtu, 9 September 2017 di hadapan seluruh Coach, Panita  Penye lenggara dan seluruh peserta yang dipusatkan di  Ruang Menza Bandiklat setempat.

Gerakan Kuhias Kenanganku yang dicanangkan oleh Bupati Kulon Progo drh. Hasto Wardoyo SpOG (K) pada puncak acara Hari Jadi Desa Salamrejo, 31 Juli 2016 lalu, terdiri atas 18 milestone di Jangka Pendek, 3 milestone di Jangka Menengah dan 2 milestone di Jangka Panjang. Khusus dijangka Pendek, dari 18 milestone memiliki 50 sub milestone dengan waktu implementasi dari 18 Juli  hingga 4 September 2017.  Dari 18 milestone yang ada setidaknya ada 8 kegiatan inovatif yang dilakukan antara lain Pembentukan Tim Pembudayaan Kuhias Kenanganku Tingkat Desa dan Pedukuhan, Penentuan Kuhias Kenanganku berikut indikator keberhasilannya, Pembuatan Kipas Kuhias Kenanganku, Pembuatan Booklet Kuhias Kenanganku, Pembuatan lagu Kuhias Kenanganku, Pembuatan Opini tentang Kuhias Kenanganku di Media Massa, Sosialisasi Kuhias Kenanganku melalui Pemutaran Film, Radio dan Media Sosial, serta Kunjungan Rumah pada 8 keluarga Sasaran setelah sebelumnya dilakukan sosialisasi Kuhias Kenanganku di 8 Pedukuhan se Desa Salamrejo.

Menurut Drs Mardiya yang juga Kepala Bidang Pengendalian Penduduk pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulon Progo, untuk Lagu Kuhias Kenanganku berikut Testimoni Bupati Kulon Progo, Ka Perwakilan BKKBN DIY, Staf Ahli Bupati, Camat Sentolo, Kades Salamrejo, Dukuh, Tokoh Masyarakat, Agama dan Remaja telah diunggah di YouTube sehingga dapat diakses oleh publik. Hingga saat ini lagu Kuhias Kenanganku telah dilihat 9 60 kali dan Testimoni sebanyak 112 kali. Khusus untuk lagu Kuhias Kenanganku telah ditayangkan di TVRI Jogja sebanyak 4 kali bersama lagu Kampung KB versi Bahasa Indonesia sebanyak 3 kali. Terakhir, lagu Kuhias Kenanganku ditayangkan di TVRI sebelum sebelum Acara Feature Kulon Progo, Rabu, 6 September 2017 pukul 16.27 WIB.

Di Jangka Menengah, selain akan disusun Perbub tentang Membudayakan Kuhias Kenanganku, juga akan dilakukan Lomba Kuhias Kenanganku antar Pedukuhan serta Senam Massal menggunakan irama Senam Massal Kuhias Kenanganku. Senam massal ini akan dipadukan dengan Kegiatan Harganas XXV Tahun 2018 Kabupaten Kulon Progo dengan kegiatan utama berupa Gerak Jalan Keluarga, pelayanan KB dan ekspose Kelompok UPPKS.

Sedangkan di Jangka Panjang, Gerakan Kuhias Kenanganku akan memfokuskan pada upaya pembuatan Baliho, Poster, dan Spanduk yang dibuat secara mandiri oleh masyarakat dan replikasi Gerakan Kuhias Kenanganku di 11 Pedukuhan dari 11 Kecamatan se Kabupaten Kulon Progo. Itu artinya selama 1 tahun ke depan, penggarapan Desa Salamrejo sebagai pilot project Gerakan Kuhias Kenanganku harus mencapai hasil seperti yang diharapkan termasuk sudah terbangun sistem pembudayaan Kuhias Kenanganku yang mantap, ada regulasi ditingkat desa yang mengatur dan Tim Pembudayaan Kuhias Kenanganku yang solid di tingkat Desa dan Pedukuhan.