ROADSHOW PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN (PUP) PADA 12 KECAMATAN DI KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2017

ROADSHOW PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN (PUP)

PADA 12 KECAMATAN DI KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2017

 

Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) adalah upaya untuk meningkatkan usia pada perkawinan pertama, sehingga mencapai usia minimal pada saat perkawinan yaitu 20 tahun bagi wanita dan 25 tahun bagi pria. PUP bukan sekedar menunda sampai usia tertentu saja tetapi mengusahakan agar kehamilan pertamapun terjadi pada usia yang cukup dewasa. Bahkan harus diusahakan apabila seseorang gagal mendewasakan usia perkawinannya, maka penundaan kelahiran anak pertama harus dilakukan.

Tujuan program pendewasaan usia perkawinan adalah Memberikan pengertian dan kesadaran kepada remaja agar didalam merencanakan keluarga, mereka dapat mempertimbangkan berbagai aspek berkaitan dengan kehidupan berkeluarga, kesiapan fisik, mental, emosional, pendidikan, sosial, ekonomi serta menentukan jumlah dan jarak kelahiran. Tujuan PUP seperti ini berimplikasi pada perlunya peningkatan usia kawin yang lebih dewasa..

Di Kabupaten Kulon Progo telah dilaksanakan Roadshow PUP oleh BPPM DIY pada 12 Kecamatan dengan Tema “Bolehkah Remaja Kawin?” Kegiatan. Pada hari Selasa tanggal 5 September 2017 telah dilaksanakan di Kecamatan Galur, bertempat di Balai Desa Kranggan dan diikuti oleh pelajar SMP,SMA beserta Guru Pendamping. Kegiatan ini bertujuan untuk menekan angka pernikahan dini dan perceraian (kasus perceraian 80% terjadi disebabkan oleh karena pernikahan dini).

Beberapa Instansi terkait yang hadir pada acara ini diantaranya adalah unsur Muspika, Puskesmas, KUA, Kepala Desa se Kecamatan Galur, Ketua Tim Penggerak PKK, Tokoh Agama serta Tokoh Masyarakat. Materi yang disampaikan meliputi PUP dengan narasumber dari BPPM, Kesehatan Reproduksi Remaja dan Resiko serta KB oleh Dinas PMD Dalduk dan KB, serta Membangun Remaja yang Sehat Ceria oleh Camat Galur.