DPMDDalduk&KB Ikuti Pembinaan SPIP di BKKBN DIY

Ka Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDDalduk&KB) Dra Sri Utami MHum didampingi Ka Bidang Keluarga Berencana Tristijanti, SIP, MSi dan Ka Bidang Pengendalian Penduduk Drs Mardiya, mengikuti pembinaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) yang diselenggarakan oleh Perwakilan BKKBN DIY, di ruang Kencana, Selasa (31/1). Acara yang dibuka oleh Ka Perwakilan BKKBN DIY Drs. Aan Jumhana Mulyana, MSi ini menghadirkan pembicara Inspektur Utama BKKBN Drs. Agus Sukiswo AK, MM, CA, CFrA, QIA. Adapun materi yang sampaikan dengan SPIP.

Menurut Agus Sukiswo, SPIP diperlukan dalam rangka meningkatkan kinerja lembaga agar lembaga tersebut dapat eksis dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dengan SPIP yang baik, maka akan kecil kemungkinannya PNS melakukan penyimpangan yang secara langsung maupun tidak langsung akan memperburuk kinerja lembaga.

Dalam kacamata Agus Sukiswo, penyebab penyimpangan yang terjadi di lembaga pemerintahan umumnya disebabkan oleh 5 hal yakni lemahnya pengendalian manajemen, pegawai yang tidak kompeten, prosedur tidak memadai, Implementasi pengendalian intern tidak baik dan perencanaan yang tidak tepat.