BPMPDPKB Sosialisasikan PIK R pada Remaja Sidorejo

Bersama dengan Kapolsek Lendah AKP Sutarno, SH dan Danramil  Kapten INF Sutrisno, Ka Sub Bid Advokasi Konseling dan Pembinaan KB dan Kesehatan Reproduksi BPMPDPKB Kabupaten Kulon Progo Drs Mardiya mensosialisasikan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) pada puluhan remaja Desa Sidorejo, Kecamatan Lendah, di Balai Desa setempat, Jumat (30/12). Acara sosialisasi dibuka oleh Kades Sidorejo, Sutrisna, dan dihadiri oleh Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Lendah Abdul Rozak, S.Ag, Koordinator PKB Dra. Nukmah Fatkiyati, para Penyuluh KB dan pamong desa setempat.

Dalam paparannya Drs Mardiya menyatakan bahwa PIK R perlu dibentuk dimasyarakat untuk menekan perilaku negatif remaja yang terkait dengan seksualitas, napza, HIV dan AIDS. Selain itu juga perilaku kekerasan. Menurut Mardiya, sekarang ini pergaulan bebas telah merajalela sehingga kasus kehamilan remaja dan pernikahan dini jumlahnya mengkhawatirkan, sementara upaya untuk membendung perilaku negatif tersebut belum optimal. Data dari kantor Kemenag Kab Kulon Progo menunjukkan bahwa kasus pernikahan dini di Kulon Progo saat ini ada 41 kasus, sementara jumlah persalinan remaja yang usianya kurang dari 19 tahun ada 176 kasus.

PIK Remaja akan membentuk remaja yang mampu merencanakan masa depannya secara lebih baik. Mereka dibimbing untuk dapat merencanakan pendidikannya, pemilihan karir serta diarahkan agar memiliki cita-cita untuk membangun keluarga kecil bahagia dan sejahtera. Diharapkan mereka juga menjadi contoh dan idola bagi teman sebayanya.