Penting, Membangun Remaja Berkarakter

Remaja berkarakter yakni remaja yang religius, sehat, cerdas dan produktif, penting untuk dibangun dan ditumbuhkembangkan di era globalisasi ini. Hal ini penting dilakukan mengingat diera globalisasi ini, banyak remaja kita yang terjebak dalam kehidupan hedonistik yang mendewa-dewakan keduniawian yang disertai dengan berbagai perilaku negatif seperti merokok, menyalahgunakan narkoba,  bergaul di luar batas dan tawuran. Mereka terkadang masih dihinggapi sifat malas, lemah pendirian, dan mudah putus asa.

Menurut Ka Sub Bidang Advokasi Konseling dan Pembinaan KB dan Kesehatan Reproduksi BPMPDPKB Kabupaten Kulon Progo, Drs. Mardiya saat memberikan pencerahan pada pengurus PIK R Persadakarsa Pedukuhan Karangwetan Desa Salamrejo, Kecamatan Sentolo, Senin (12/11). Ditambahkan Mardiya, remaja sekarang memang memiliki banyak godaan. Ini terkait dengan perkembangan teknologi dan komunikasi yang memberikan peluang seluas-luasnya pada remaja untuk mengakses bukan hanya pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat untuk memajukan kehidupan manusia. Tetapi juga untuk mengakses hal-hal yang berbau pornografi, kekerasan dan tipu daya.

Untuk mengatasi hal tersebut, anak harus disiapkan menjadi remaja ideal sejak dini. Remaja ideal ini diharapkan memiliki karakteristik selalu bersemangat, cerdas berpikir, sehat jasmani, produktif, banyak berteman, senang belajar dan memiliki cita-cita tinggi. Remaja ideal yang kemudian kita sebut sebagai remaja berkarakter ini hanya dapat terbentuk apabila mereka selalu mendapat bimbingan dan arahan dari Tri Pusat Pendidikan yakni Keluarga, Sekolah dan Masyarakat. Untuk itulah diperlukan ragam kegiatan kreatif yang mereka sukai baik di bidang olahraga, seni dan budaya, iptek maupun berbagai kegiatan sosial maupun cinta alam.