Permainan Tradisional Intensifkan Komunikasi

Permainan tradisional seperti bermain lompat tali, bermain kelereng, gasing dan petak umpet yang dianggap oleh sebagian orang sebagai permainan kuno, sesungguhnya memiliki banyak manfaat. Bukan hanya dari sisi kesehatan karena permainan itu banyak menggerakkan anggota tubuh, tetapi juga meningkatkan intensitas komunikasi di antara teman sebaya. Komunikasi ini yang menyebabkan suasana pergaulan menjadi segar dan persahabatan menjadi lebih baik.

Demikian dikatakan oleh Ka Sub Bidang Advokasi Konseling dan Pembinaan KB dan Kesehatan Reproduksi pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan Dan Keluarga Berencana (BPMPDPKB) Kabupaten Kulon Progo, Drs Mardiya, saat diwawancarai di kantornya, Kamis (24/11). Ditambahkan oleh Mardiya, dengan permainan sederhana namun kaya manfaat ini anak-anak kita menjadi anak yang lincah, sehat dan memiliki kemampuan sosialisasi yang tinggi. Memiliki jiwa kesetiakawanan serta kecerdasan emosional yang tinggi pula.

Ditengah derasnya berbagai bentuk permainan modern terutama Game Online, permainan tradisional perlu dipertahankan. Ini untuk mengurangi jiwa individualis yang dibentuk oleh Game Modern yang menggunakan gadget dan sejenisnya yang tidak perlu lawan main dalam arti sesungguhnya karena lawannya adalah komputer itu sendiri.