BPMPDPKB Mantapkan Pengetahuan PUP Kader KB

Sebanyak 30 kader KB yang terdiri dari PPKBD dan Sub PPKBD se Kecamatan Panjatan mendapatkan pengetahuan tentang Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP), Selasa (15/11). Acara yang dipusatkan di Balai Penyuluhan KB ini dibuka oleh Koordinator Penyuluh KB Kecamatan Panjatan, Drs. Andang Muryanto dan menghadirkan narasumber Ka Sub Bidang Advokasi Konseling dan Pembinaan KB dan Kesehatan Reproduksi BPMPDPKB Kabupaten Kulon Progo Drs. Mardiya.

Dalam paparannya Drs Mardiya menghimbau kepada kader untuk lebih giat mensosialisasikan PUP di kalangan remaja. Hal ini penting untuk menanamkan pemahaman bahwa menikah muda itu banyak resikonya. Bukan hanya resiko dari sisi kesehatan tetapi juga resiko sosial ekonomi karena para remaja secara fisik, mental dan sosial ekonomi belum siap untuk menjadi orang tua.

Saat ini menurut Mardiya, seorang wanita idealnya menikah di usia minimal 21 tahun, sementara sang pria minimal 25 tahun. Diusia tersebut baik pria maupun wanita secara fisik telah mencapai tumbuh kembang yang optimum. Sementara perkembangan mental dan sosialnya juga telah mencapai kedewasaan secara penuh. Pasangan yang menikah diusia ideal pada umumnya akan mencapai kebahagiaan sejati. Mereka akan siap menghadapi tantangan kehidupan serta siap menghadapi masalah rumah tangga, apapun bentuknya.