Rapat Koordinasi Lomba Kalurahan Tingkat Kabupaten Kulon Progo Tahun 2024

Kulon Progo - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMD Dalduk dan KB) Kabupaten Kulon Progo telah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Lomba Kalurahan Tingkat Kabupaten Kulon Progo Tahun 2024 pada hari Senin (05/02) di Ruang Rapat Dinas PMD Dalduk dan KB. Rapat dihadiri oleh beberapa OPD dan TP PKK Kabupaten yang telah menjadi Tim Penilaian Lomba Kalurahan Tahun 2024.

Dasar Pelaksanaan Perlombaan Desa/Kalurahan  Tahun 2024 adalah Permendagri No. 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan yang bertujuan untuk melihat tahapan dan menentukan keberhasilan perkembangan desa dan kelurahan dalam kurun waktu Januari – Desember tahun sebelumnya.

Salah satu indikator penilaian Lomba Desa/Kalurahan dapat dilihat dari pengisian aplikasi EPDESKEL Kemendagri. Pengisian EPDESKEL seluruh kalurahan di Kulon Progo telah selesai diinput dan ditutup pada tanggal 31 Januari 2024.

Sedangkan awal bulan Februari 2024, Panewu ditugaskan untuk membuat SK juara lomba Desa/Kalurahan tingkat Kapanewon atau perwakilan kalurahan yang maju ke tingkat kabupaten. Kemudian, pelaksanaan Presentasi Lurah sebagai rangkaian dari Lomba Desa/Kalurahan tingkat Kabupaten akan dilaksanakan tanggal 19, 20, dan 21 Februari 2024. Peserta yang mengikuti presentasi sejumlah 12 peserta, yang terdiri dari dua belas kapanewon dimana satu hari kegiatan diikuti oleh 4 peserta atau 4 kapanwon.

Kalurahan yang maju Lomba Desa/Kalurahan ke tingkat provinsi adalah Kalurahan Jatirejo, Kapannewon Lendah. Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas PMD Dalduk dan KB, Susilo Ari Wibowo, S.E., M.M berharap bahwa seluruh OPD dan instansi yang berkaitan dapat saling bekerjasama untuk menyiapkan dokumen bukti dukung EPDESKEL dan kelengkapan Lomba Desa/Kalurahan sehingga mempermudah pihak kalurahan dan mempermudah pelaksanaan Lomba Desa/Kalurahan Tahun 2024.