Tahun 2023 BUM Desa Binangun Cipta Mandiri Banguncipto Raup Laba Bersih 150 Jutaan

Kulon Progo; Pada tahun 2023 Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Binangun Cipta Mandiri Banguncipto mampu meraup keuntungan atau laba bersih sebesar 150 juta lebih. Hal tersebut disampaikan oleh Suharjo selaku Direktur BUM Desa Binangun Cipta Mandiri pada musyawarah kalurahan pertanggungjawaban BUM Desa.

Keuntungan atau laba bersih tersebut diperoleh dari hasil usaha yang dijalankan oleh BUM Desa Binangun Cipto Mandiri. Adapun usaha yang dijalan pada tahun 2023 yaitu usaha jasa keuangan mikro, perdagangan gas LPG, dan persewaan saprodi pertanian. Selain usaha tersebut BUM Desa juga mengelola usaha jasa parkir di RSUD Nyi Ageng Serang Sentolo. Pada tahun 2023 usaha jasa parkir mampu memperoleh keuntungan sebesar Rp. 68.416.000,00 (enam puluh delapan juta empat ratus enam belas ribu rupiah). Namun keuntungan dari jasa parkir tersebut dibagi menjadi tiga bagian yaitu bagian dari pendapatan pajak retribusi Kabupaten Kulon Progo, bagian pendapatan RSUD Nyi Ageng Serang, dan bagian yang menjadi pendapatan asli kalurahan.

“Laba bersih tahun 2023 mengalami kenaikan sebesar 9,6 persen dari laba bersih diperoleh pada tahun sebelumnya. Diketahui bahwa pada tahun 2022 BUM Desa Binangun Cipta Mandiri mampu menghasilkan laba bersih sebesar 137 jutaan”. Ungkap Suharjo yang menjabat Direktur BUM Desa selama tiga periode sejak tahun 2007.

Kegiatan musyawarah laporan pertanggungjawaban BUM Desa Binangun Cipta Mandiri Banguncipto diselenggarakan pada Rabu (30/1/24) bertempat di Aula Balai Kalurahan Banguncipto.

Musyawarah kalurahan ini dihadiri oleh seluruh pengurus BUM Desa Binangun Cipta Mandiri, Badan Pengawas BUM Desa, Lurah sekaligus sebagai Penasihat BUM Desa, Pamong kalurahan Banguncipto, Badan Permusyawaratan Kalurahan (BPK), tokoh masyarakat, Kepala Jawatan Kemakmuran Kapanewon Sentolo, Pendamping Lokal Desa, dan TAPM Kabupaten Kulon Progo.

Dalam sambutannya Lurah Banguncipto Boiran, S.Pd. SH. MA. menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pengurus BUM Desa Binangun Cipta Mandiri yang telah bekerja maksimal dalam menjalan usaha BUM Desa.

Lebih lanjut Boiran yang juga selaku Penasehat BUM Desa menyampaikan bahwa BUM Desa memiliki peran yang penting dan strategis dalam pengembangan perekonomian lokal kalurahan. Terlebih melihat perkembangan pembangunan proyek strategis nasional jalan tol jogja – bandara YIA yang melintasi kalurahan Banguncipto. Bahkan dalam perencanaan kalurahan Banguncipto menjadi salah satu pintu masuk dan exit tol jogja – bandara YIA. “Sehigga diharapkan BUM Desa mampu menangkap peluang ini sebagai bagian dari upaya pengembangan perekonomian kalurahan Banguncipto”. Harap Boiran diakhir sambutannya.

Hadir pula dalam Musyawarah Kalurahan tersebut Aris Nurkholis dari Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Kabupaten Kulon Progo. Dalam sambutannya Aris Nurkholis menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas capaian yang ditorehkan BUM Desa Binangun Cipta Mandiri Banguncipto.

Lebih lanjut Aris Nurkholis berpesan agar capaian kinerja BUM Desa ini bisa dipertahankan, ditingkatkan dan dijaga keberlanjutannya. “Keberlanjutan BUM Desa adalah sesuatu yang penting untuk dicapai agar kebermanfaatan BUM Desa bisa dirasakan oleh generasi mendatang”. Pesan Aris Nurkholis.

BUM Desa yang berkelanjutan yaitu BUM Desa yang melakukan kegiatan operasional yang manfaatnya dapat dirasakan oleh generasi saat ini sekaligus menjaga keberadaan BUM Desa agar tetap beroperasional dan manfaatnya dapat dirasakan oleh anak cucu kita atau generasi kita mendatang.

Lalu bagaimana caranya menjadikan BUM Desa bisa berkelanjutan? Aris Nurkholis TAPM Kabupaten Kulon Progo menjelaskan bahwa dalam rangka menciptakan BUM Desa yang berkelanjutan maka setidaknya ada satu syarat kunci yang harus dipenuhi oleh BUM Desa yaitu tata Kelola yang baik atau governance.

Kenapa dibutuhkan tata kelola yang baik (good governance) bagi BUM Desa?

Karena tata kelola BUM Desa yang baik (good corporate governance – GCG) dibutuhkan untuk mengatur dan mengendalikan hubungan antara pihak manajemen BUM Desa dengan seluruh pihak yang berkepentingan terhadap BUM Desa mengenai hak-hak dan kewajiban mereka sesuai dengan visi-misi dan tujuan BUM Desa. Hal ini bertujuan menciptakan nilai tambah bagi semua pihak yang berkepentingan serta tercapainya tujuan dan program kerja BUM Desa secara efektif. Sehingga penerapan prinsip good governance atau tata Kelola yang baik ini menjadi kunci keberlanjutan atau sustainability BUM Desa.

Selain membahas laporan pertanggungjawaban BUM Desa tahun 2023, musyawarah kalurahan ini juga membahas dan menetapkan rencana kegiatan dan anggaran atau program kerja BUM Desa Binangun Cipta Mandiri Banguncipto tahun 2024. Program kerja ini menjadi acuan dan panduan bagi BUM Desa dalam menjalankan usahanya di tahun 2024 ini. (ANK-TAPM)