Forum BUM Desa Binangun Kulon Progo Gelar Focus Group Discussion (FGD)

Kulon Progo; Senin (22/1/24) Forum BUM Desa Binangun Kabupaten Kulon Progo menggelar Focus Group Discussion (FGD) BUM Desa – BUM Desa se Kapanewon Galur dan Lendah. Focus Group Discussion (FGD) ini digelar dalam rangka koordinasi antar BUM Desa di Kapanewon Galur dan Lendah sekaligus sebagai sarana untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman terkait dengan pengelolaan dan pengembangan usaha BUM Desa.

 

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) ini digelar di Resto Bukit Cubung Kalurahan Jatirejo Kapanewon Lendah. Acara dihadiri oleh Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo, Pengurus Forum BUM Desa Binangun Kulon Progo, Direktur BUM Desa se- Kapanewon Galur dan Lendah, Pendamping Desa serta TAPM Kabupaten Kulon Progo.

 

Dalam sambutannya Tristi Sintawati selaku Ketua Forum BUM Desa Binangun Kulon Progo menyampaikan bahwa kegiatan Focus Group Discussion (FGD) ini merupakan bagian dari program kerja Forum BUM Desa Binangun Kulon Progo tahun 2024. Kegiatan FGD ini akan dilaksanakan setiap bulan secara bergantian di 12 Kapanewon di Kabupaten Kulon Progo. “Focus Group Discussion (FGD) ini bertujuan sebagai sarana atau wadah diskusi terkait dengan berbagai permasalahan-permasalahan yang dialami oleh BUM Desa – BUM Desa di Kabupaten Kulon Progo.” Kata Tristi Sintawati yang juga sebagai Direktur BUM Desa Binangun Jatiunggul Jatirejo.

 

Lebih lanjut dalam sambutannya Tristi Sintawati menyampaikan bahwa Focus Group Discussion (FGD) juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dan koordinasi serta berbagi pengalaman-pengalaman kesuksesan BUM Desa-BUM Desa dalam mengelola dan mengembangkan usaha. “Sehingga diharapkan dengan sharing best practis dan kesuksesan BUM Desa tersebut dapat mendorong dan memicu BUM Desa – BUM Desa lainnya untuk maju dan berkembang Bersama”. Tutur Tristi Sintawati dalam mengakhiri sambutannya.

 

Pada kesempatan yang sama, Susilo Ari Wibowo selaku Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pengurus BUM Desa Binangun Kulon Progo yang telah menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) ini. Dengan kegiatan FGD ini diharapkan dapat menjadi wadah sharing permasalahan-permasalahan BUM Desa yang selama ini belum terungkapkan di forum-forum lainnya. “Sehingga segala permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh BUM Desa dapat didiskusikan dan dicarikan solusi penyelesaian”. Tutur Susilo Ari Wibowo yang juga sebagai Dewan Pembina BUM Desa Kabupaten Kulon Progo.

 

Dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) ini setiap Direktur BUM Desa di Kapanewon Galur dan Lendah secara bergantian menyampaian perkembangan BUM Desa yang dikelolanya baik dari sisi permaslahan-permasalahan yang selama ini dihadapi dan juga pegalaman-pengalaman baiknya dalam mengelola dan mengembangkan usaha BUM Desa. (By. ANK-TAPM)