Monitoring Bangga Kencana di 3 Klinik Ketahanan Keluarga Kabupaten Kulon Progo

Rabu (24/1) Bidang Pengendalian Penduduk, Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo melaksanakan monitoring dan evaluasi di 3 Klinik Ketahanan Keluarga yang ada di Kabupaten Kulon Progo. 3 klinik tersebut yaitu Klinik Ketahanan Keluarga Kalurahan Giripurwo, Klinik Ketahanan Keluarga Kalurahan Wijimulyo, Klinik Ketahanan Keluarga Kalurahan Pagerharjo.

Kegiatan monitoring dan evaluasi tersebut bertujuan untuk mengetahui kondisi klinik ketahanan keluarga dalam melayani aduan dan konseling dari masyarakat. Selain itu ditinjau pula data jumlah pengunjung klinik, data kasus perceraian dan data pernikahan dini serta permasalahan lain yang terlapor. Tidak hanya itu, monitoring juga dilakukan untuk mengetahui permasalahan dan kendala petugas dalam melayani klien.

Dalam kunjungan ketiga lokasi tersebut, dari sisi kepengurusan dan pelayanan dikeluhkan permasalahan yang sama yaitu kurangnya kemempuan dalam pencatatan dan pelaporan serta semangat petugas untuk melakukan konseling. Selain itu beberapa klinik juga mengusulkan agar dilakukan refreshing dan pembekalan kembali kepada petugas klinik ketahanan keluarga. Hal tersebut tentunya disambut baik oleh dinas dan pada tahun dalam waktu dekat akan dilakukan tindak lanjut berupa kegiatan yang dapat memfasilitasi petugas klinik ketahanan keluarga.