Sosialisasi Dan KIE Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting dalam Rangka Hari Ibu

Wates (22/12) bertempat di aula Hotel The King’s Jl. KH. Ahmad Dahlan dilaksanakan kegiatan Sosialisasi dan KIE Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting dalam rangka Peringatan Hari Ibu tahun 2023. Peserta dalam kegiatan ini adalah Remaja dan Pengurus Masjid dari Organisasi Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) di Kabupaten Kulon Progo serta dihadiri oleh Ketua Ormas LDII Kabupaten Kulon Progo, H. Pandaya, SP.d, MP,d dan Kepala Dinas PMD Dalduk dan KB Drs. Ariadi MM.

Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan ini yaitu dr. Sri Budi Utami (Kepala Dinas Kesehatan), Akhid Nuryati, SE (Ketua DPRD Kulon Progo), dan DR. (H.C) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) (Kepala BKKBN RI).

dr. Budi menekankan pentingnya pemahaman 1000 HPK atau Hari Pertama Kehidupan untuk para remaja yang hadir sebagai upaya untuk mencegah stunting. Hal ini dikarenakan remaja yang menjadi calon pengantin harus memahami bahwasannya pencegahan stunting akan lebih optimal apabila dimulai sejak fase kehamilan, kelahiran, sampai anak berusia 24 bulan atau 2 tahun. Khusus untuk remaja putri sebagai calon ibu, dr. Budi mengingatkan pentingnya mengkonsumsi tablet tambah darah terutama pada saat fase haid untuk mencegah anemia atau kekurangan darah. (K3)