Pembinaan Sekolah Siaga Kependudukan dan Pusat Konseling dan Informasi Remaja

Nanggulan (20/12) Bidang Dalduk dan KB Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo melakukan pembinaan di SMP Negeri 1 Nanggulan tentang Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) dan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja. SMP Negeri 1 Nanggulan merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Kulon Progo yang diharapkan bisa menerapkan program sekolah siaga kependudukan dalam proses kegiatan belajar mengajar sehari-hari. Tujuan dari program ini adalah untuk menambah pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran remaja atau siswa terhadap isu-isu kependudukan dan keluarga berencana. Pengimplementasian Program SSK dilaksanakan dengan cara mengintegrasikan tema-tema kependudukan seperti pendidikan, sosial, budaya, dan kesehatan ke dalam materi pelajaran yang diberikan kepada para siswa.

Untuk menyokong dilaksanakannya Program SSK, akan dibentuk kelompok PIK R atau Pusat Informasi dan Konseling Remaja yang menjadi wadah kegiatan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja) yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi serta penyiapan kehidupan berkeluarga. Melalui pemahaman Triad KRR kepada para anggota PIK Remaja, Program SSK dapat berjalan seirama dengan semangat pencegahan tiga resiko yang dihadapi oleh remaja yang sangat berkaitan erat dengan hal kependudukan. Triad KRR atau Kesehatan Reproduksi Remaja meliputi Seksualitas, HIV/ AIDS dan Napza.

SMP N 1 Nanggulan sendiri telah mengikuti orientasi mengenai Program SSK yang kemudian dilanjutkan dengan membentuk kepengurusan yang terdiri dari guru dan murid yang selanjutnya ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) tentang penerapan Program SSK serta pembentukan Kelompok PIK Remaja. Bekerja sama dengan Penyuluh KB Kapanewon Nanggulan yang menjadi kepanjangan tangan BKKBN di lapangan, diharapkan Program SSK dapat diterapkan di sekolah tersebut mulai tahun 2024. (K3)