EKSPO GENERASI KELUARGA ISTIMEWA

Yayasan Berbagi Peduli Daerah Istimewa Yogyakarta bekerjasama dengan Badan Pimpinan Daerah Asosiasi Kelompok Usaha Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Akseptor (UPPKA) atau yang biasa disebut BPD AKU mengadakan kegiatan Ekspo Generasi Keluarga Istimewa dalam rangka menyukseskan Program Peningkatan Ekonomi Keluarga serta Program Pencegahan Stunting. Kegiatan yang juga didukung oleh Paniradyo Keistimewaan dan Dinas P3AP2 DIY ini dilaksanakan selama dua hari, yakni Sabtu-Minggu tanggal 25 dan 26 November 2023 di Halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

Hari pertama, Sabtu (25/11), kegiatan utama adalah talkshow dengan “Peran Keluarga dalam Pencegahan Stunting” dengan narasumber yakni Drs. Mardiya dari Dinas PMD Dalduk dan KB, serta Nurhani Jauhari, S.Gz.RD, Ahli Gizi dari Dinas Kesehatan Kulon Progo. Dalam rangkaian kegiatan itu dilaksanakan pula penyerahan bantuan sembako dan beras fortifikasi kepada 20 keluarga resiko stunting yang berasal dari Kapanewon Pengasih dan Kapanewon Wates serta pemeriksaan gratis oleh Kedokteran Kepolisian yang selanjutnya disingkat Dokpol Kepolisian Resort Kulon Progo. Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Perwakilan BKKBN DIY Dra. Andi Ritamariani, M.Pd, yang dalam sambutannya mengharapkan Program Penurunan Stunting bisa sejalan beriringan dengan Program Peningkatan Ekonomi Keluarga.

Hari kedua, Minggu (26/11), kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan jalan santai, hiburan serta pembagian doorprize dengan tema “Fun Walk Keluarga Istimewa”. Dengan diikuti sekitar 100 peserta yang terdiri dari kader Bina Keluarga Sejahtera (BKS) Kapanewon Wates serta masyarakat umum. Selama dua hari tersebut, acara juga dimeriahkan ekspo kelompok-kelompok UPPKA di Kulon Progo yang menjajakan berbagai macam produknya di stand yang telah disediakan. Hal ini merupakan salah satu bentuk upaya dari Peningkatan Ekonomi Keluarga, terutama keluarga akseptor yang tergabung dalam kelompok UPPKA. (K3)