KELAS IBU BALITA

Kelas Ibu dan Balita Padukuhan Serang, Hari Jum'at tanggal 29 Juli 2022 jam 08.30- 10.30 WIB.Nara Sumber dari Puskesmas 1 dan Nara Sumber yg pertama oleh Ibu Susiani AMd.Gz.
Mengedukasi tentang pemenuhan gizi anak balita dengan memperhatikan asupan gizi dengan cara setelah bangun tidur jangan langsung dikasih susu dahulu,tetapi sebagai orang tua harus bangun pagi,dan menyiapkan sarapan agar balita nanti dapat sarapan pagi, dan tidak tergantung pada susu. Juga mengedukasi tentang pertumbuhan/ kenaikan berat badan harus diperhatikan sesuai dengan yang ada di KIA,usia 1bln dengan kenaikan 800 gr,usia 2 bln 900 gr,usia 3 bln 800 gr,usia 4 bln 600 gr,5 bln 500 gr,6,7 bln 400 gr,usia 8,9,10,11,12-17 300 gr,usia 18 bln kenaikannya 200 gr.
Nara Sumber yang ke-2 dari Bidan Bunzanah Amd.Keb, Mengedukasi bagi keluarga yang di rumah ada perokok harus balita harus dijauhkan dari rokok,dan juga mengingatkan apabila ayah ikut membantu pengasuhan tidak sambil merokok.
Juga mengedukasi tentang tata cara balita BAB,juga buang air kecil agar dilatih untuk buang air kecil dan BAB ke toilet,jangan dibiasakan untuk buang air kecil dan BAB sembarangan.
Juga menghimbau untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan,kebersihan kamar mandi,tempat tidur l. Juga menguras kamar mandi tiap 3 hari sekali agar nyamuk tidak bersarang di tempat air/ tandon.
Juga mengedukasi untuk selalu menyediakan obat sebagai pertolongan pertama pada balita jika terjadi sesuatu,seperti oralit apabila diare, Paracetamol apabila anak panas, Betadine apabila anak jatuh atau luka. Apabila anak batuk bisa diberikan pertolongan pertama bisa diberikan kecap dan jeruk nipis,apabila belum sembuh baru dibawa ke sarana kesehatan.