Puncak Acara Peringatan HARGANAS ke-29 Berlangsung Meriah

Dinas PMD Dalduk dan KB menyelenggarakan kegiatan Puncak Acara Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 Tingkat Kabupaten Kulon Progo pada Selasa (12/7/2022). Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Bendungan, Kapanewon Wates Kulon Progo. Selain sebagai peringatan hari keluarga, kegiatan ini juga bertujuan sebagai media Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat mengenai program Bangga Kencana.

Kegiatan diawali dengan senam yaitu senam Bangga Kencana, Senam Kuhias Kenanganku dan Senam Angguk. Selain peserta dan panitia, PJ Bupati, Staff Ahli Bupati, Ketua TP PKK dan para pejabat lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo juga tampak mengikuti senam serta rangkaian kegiatan Puncak Acara Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 Tingkat Kabupaten Kulon Progo.

Kelompok GenRe Kulon Progo menjadi salah satu pengisi acara tersebut. Sekelompok remaja yang tergabung dalam kelompok Genre tersebut mengajak masyarakat dengan memberikan KIE program Bangga Kencana melalui kesenian drama diantaranya untuk menghindari kenakalan remaja, seks bebas, pencegahan pernikahan usia anak, dan pencegahan stunting. Selain dari GenRe, dalam acara tersebut juga menampilkan kesenian Tari  Jathilan Kreasi  yang  diiringi musik berjudul Wis Tekan Jamane. Dalam musik dan tarian tersebut juga mengandung pesan untuk mengajak masyarakat menghindari “mo limo” yaitu mendem, madat, maling, main dan medok. Sebelumnya, dalam sambutan yang disampaikan Drs. Mardiya selaku seksi acara panitia Puncak Acara Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 telah disampaikan bahwa dengan menghindari “mo limo” maka akan terbentuk keluarga harmonis, tentram, bahagia dan sejahtera.

Tidak hanya melalui kesenian, KIE juga disampaikan dengan Talkshow dengan topik “Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting”  yang disiarkan secara langsung oleh radio Megaswara FM. Narasumber yang dihadirkan adalah Bambang Sutrisno S.Sos M.Si. (Staff Ahli Bupati Kulon Progo Bidang Kesejahteraan Rakyat) , Shodiqin, S.H, M.M.( Kepala Perwakilan BKKBN DIY), Sri Suharti, S.K.M, M.Kes. ( Ketua IBI Cabang Kulon Progo) dan Drs. Ariadi, M.M. (Kadin PMD Dalduk dan KB Kulon Progo).

Acara ditutup dengan pembagian Doorprize utama yaitu dua buah sepeda gunung dari PJ Bupati dan Sekda Kulon Progo kepada para undangan dan peserta kegiatan. Doorprize yang diberikan juga berasal dar OPD Pemkab Kulon Progo, 12 Kapanewon, IPeKB, IBI, serta mitra kerja lainnya. (DP)