KLARIFIKASI LAPANGAN DALAM RANGKA LOMBA POSYANDU TAHUN 2022

Posyandu sebagai salah satu Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan (LKK) sebagaimana tercantum dalam Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 36 Tahun 2020 merupakan lembaga yang dibentuk untuk membantu Pemerintah Kalurahan dalam peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat kalurahan untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu, bayi, anak balita, dan angka kelahiran, serta mempercepat penerimaan Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera (NKKBS).

Evaluasi pengelolaan Posyandu Tk. Kabupaten tahun 2022 ini diawali dengan pengumpulan dokumen administrasi Posyandu yang mewakili 12 kapanewon. Dari  12 dokumen administrasi tersebut telah dilakukan evaluasi dokumen oleh Tim Juri yang terdiri dari unsur Dinas Kesehatan, PKK dan Dinas PMD Dalduk dan KB pada minggu ketiga bulan Juni 2022. Dari hasil evaluasi diperoleh 3 posyandu terbaik yang dilakukan klarifikasi lapangan, yaitu : Posyandu Teratai Kalurahan Krangggan Galur, Posyandu Lestari Kalurahan Gulurejo Lendah, dan Posyandu Ngupiyo Lestari Kalurahan Jatimulyo Girimulyo.

Dari hasil klarifikasi lapangan ini nanti akan menentukan peringkat 1-3 Juara Posyandu Tk. Kabupaten, dimana Juara 1 tahun ini berhak untuk maju mewakili Kab. Kulon Progo pada Lomba Posyandu Tk. DIY Tahun 2023. Untuk tahun ini yang mewakili Kab Kulon Progo maju Tk DIY adalah Posyandu dari Pedukuhan Kroco Kalurahan Sendangsari Pengasih.