Pengukuhan Ayah dan Bunda GenRe Kabupaten Kulon Progo

Girimulyo - Generasi Berencana atau GenRe merupakan salah satu program bentukan BKKBN yang bertujuan untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Minggu (12/12/2021) dilaksanakan pengukuhan Ayah dan Bunda GenRe Kabupaten Kulon Progo di komplek objek wisata Gua Kiskendo Kapanewon Girimulyo. Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya dr. Hasto Wardoyo SP. OG (Kepala BKKBN RI), Bupati dan Wakil Bupati Kulon Progo, Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo, serta beberapa OPD terkait. Selain itu, kegiatan ini juga diikuti oleh 70 orang GenRe perwakilan dari 12 Kapanewon yang ada di Kulon Progo dan 10 orang dari Forum GenRe Kabupaten Kulon Progo.

Sebelum acara pengukuhan, rombongan bersama-sama melaksanakan kunjungan ke Pasar Tani Jonggrangan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan bakti sosial gotong royong bedah rumah untuk keluarga Ibu Sakinem yang beralamat di Jonggrangan, Jatimulyo, Girimulyo.

Selanjutnya, Fajar Gegana, Wakil Bupati Kulon Progo dikukuhkan sebagai Ayah GenRe dan Akhid Nuryati, Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo sebagai Bunda GenRe Kabupaten Kulon Progo. Dalam acara ini juga dilaksanakan pemberian penghargaan kepada Bupati Kulon Progo atas inovasinya dalam upaya peningkatan peserta KB MKJP Metode Operasi Pria di wilayahnya, sehingga Kabupaten Kulon Progo memperoleh capaian tertinggi dalam kepesertaan KB Vasektomi di antara Kabupaten/Kota se-Daerah Istimewa Yogyakarta. (fa)