Sinergi Antar BUMDes se Kalibawang, P3MD dan Kapanewon Lakukan Koordinasi

Dalam rangka sinergi antar BUMDes dan BUMDes Bersama serta Lembaga Keuangan Desa lainnya, Pemerintah Kapanewon Kalibawang Kabupaten Kulon Progo menggelar Rapat Koordinasi pada Kamis (14/10/21) bertempat di ruang Riptaloka Kapanewon Kalibawang.

Rapat Koordinasi BUMDes dan BUMDes Bersama ini dilaksanakan sebagai sinergi antar badan usaha milik desa dalam rangka meningkatkan perekonomian desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai kegiatan usaha ekonomi dan pelayanan umum masyarakat.

Dalam kesempatan rakor tersebut, masing-masing BUMDes menyampaikan progres dan rencana pengembangan unit usaha BUMDes. Hening Nurcahya selaku Panewu Kalibawang menyampaikan harapannya agar setiap BUMDes dan BUMDes Bersama di Kapanewon Kalibawang melakukan inovasi atau kreativitas dalam menjalankan unit-unit usahanya. “BUMDes dan BUMDes Bersama agar memiliki mimpi besar atau grand design pengembangan unit usaha BUMDes,” Harap Hening.

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh perwakilan kalurahan se- Kapanewon Kalibawang, serta Direktur dan Pengawas BUMDes se- Kapanewon Kalibawang. Selain itu turut hadir dari unsur Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) dan Pengelola UPK eks PNPM Mandiri Pedesaan, Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) serta Tenaga Ahli P3MD dan Pendamping Desa Kapanewon Kalibawang.

Dalam rakor ini juga disampaikan terkait penjelasan tatacara pendaftaran badan hukum BUMDes dan BUMDes Bersama ke kemenkumham melalui kementerian Desa PDTT. Selanjutnya langsung dilakukan pendaftaran pengajuan nama BUMDes ke Kementerian Desa PDTT. Pendaftaran tersebut difasilitasi oleh Tim Tenaga Ahli P3MD Kulon Progo dan Pendamping Desa Kapanewon Kalibawang.

Sementara itu Wahyu Wibowo selaku Kepala Jawatan Kemakmuran Kapanewon Kalibawang berharap kedepan pasca BUMDes atau BUMDesma mendapatkan legalitas badan hukum dari Kementerian Hukum dan HAM, BUMDes dapat lebih leluasa dalam pengembangan usaha dengan melakukan pemanfaatan sumber daya alam, serta dapat menjalin kerjasama dengan berbagai mitra strategis termasuk salah satu nya akses permodalan dari perbankan. Dengan demikian BUMDes mampu berkembang dengan baik sehingga perekonomian masyarakat desa turut tumbuh dan pendapatan asli desa juga bertambah melalui unit-unit usaha yang dikembangkan oleh BUMDes atau BUMDesma. (ANK)