Leaflet materi Klinik Ketahanan Keluarga Kini Bisa Diunduh di Website Dinas PMD Dalduk dan KB

Klinik Ketahanan Keluarga merupakan lembaga yang berbasis di Kalurahan/Kelurahan yang khusus menangani upaya penguatan ketahanan keluarga pada keluarga rentan dengan memanfaatkan potensi, sumberdaya, sarana prasarana dan kemampuan lainnya yang dimiliki Kalurahan/Kelurahan setempat. Lembaga ini dibentuk untuk menegakkan 8 fungsi keluarga yang selama ini mengalami degradasi dalam masyarakat. Selain itu Klinik Ketahanan Keluarga juga bertujuan untuk membantu menyelesaikan permasalahan keluarga seperti pereceraian, KDRT, pernikahan anak dan lain lain, terutama yang tidak dapat menyelesaikan masalahnya sendiri sehingga dapat terwujud keluarga dan masyarakat yang aman, tenteram, sehat dan sejahtera.

Sampai saat ini telah terbentuk 7 Klinik ketahanan keluarga yang berlokasi di 7 kalurahan di Kabupaten Kulon Progo. Kalurahan tersebut adalah Sogan, Depok, Tirtorahayu, Giripurwo, Pagerharjo, Gulurejo, dan Wijimulyo. Bidang Pengendalian Penduduk, Dinas PMD Dalduk dan KB selaku stakeholder pemerintahan membantu menghidupkan dengan mengadakan kegiatan sosialisasi tentang Klinik Ketahanan Keluarga dan pelatihan pada petugas Klinik Ketahanan Keluarga.

Selain disampaikan langsung dengan metode ceramah dan diskusi, Bidang Pengendalian Penduduk juga menyediakan leaflet sebagai media komunikasi informasi dan edukasi, baik leaflet cetak maupun e leaflet. Dengan adanya leaflet tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan baik petugas maupun masyarakat tentang Klinik Ketahanan Keluarga. Leaflet cetak dapat diperoleh di Kantor Dinas PMD Dalduk Kb, Bidang Pengendalian Penduduk, atau biasanya diberikan saat kegiatan di Klinik Ketahanan Keluarga. Sementara untuk mengakses dan mengunduh e-leaflet, masyarakat dapat mengklik halaman https://pemberdayaan.kulonprogokab.go.id/detil/876/materi-bid-pengendalian-penduduk