Bayam Brazil dan Gizi Keluarga

Bayam Brazil dan Gizi Keluarga

Oleh: Drs. Mardiya

Ka Bidang Pengendaian Penduduk

 

Di masa pandemi Covid-19 ini, keluarga disibukkan oleh banyak hal. Selain harus tetap bekerja untuk menopang kehidupan keluarga, menjaga kesehatan seluruh anggotanya dengan penerapan protokol kesehatan dan menciptakan suasana kondusif agar anak-anak yang sekolah secara online dapat berjalan lancar, juga harus menyiapkan menu bergizi pada seluruh anggota keluarga agar mereka tetap dalam kondisi fit sehingga dapat belajar atau bekerja secara optimal.

Salah satu menu bergizi yang sekarang lagi trend di masyarakat adalah olahan Bayam Brazil baik dalam bentuk salad, sup, tumis, sayur santan maupun dibuat camilan. Bayam Brazil (Brazilian Spinach)  yang berasal dari negara Brazil dikenal sebagai sayuran sumber protein tinggi. Hal ini sangat cocok dengan masyarakat Indonesia yang menjadikan bayam sebagai sayuran favorit. Mengkonsumsi tiap hari bahkan diklaim dapat  menjaga tubuh dari berbagai jenis penyakit berbahaya.

Selama ini bayam dikenal sebagai salah satu sayuran yang penting bagi kesehatan otak. Kandungan mineral seperti asam folat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C dan aktioksidan yang dimilikinya dapat membantu mencegah fungsi neuronal dan kognitif otak.  Untuk Bayam Brazil beberapa kandungan vitamin dan mineral yang tinggi dapat disampaikan bahwa dalam 100 gram  mengandung : 1) Karoten 7-8 mg, 2) Vitamin C 60-120 mg, 3) Ferrum 4-9 mg, 4) Kalsium 300-450 mg. Mengkonsumsi bayam setiap hari dapat memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh.

Manfaat kandungan mineral dan vitamin Bayam Brazil antara lain:   1) Flavonoid dapat mengurangi resiko kanker hingga 34 persen dan menghambat perkembangan sel kanker, 2) Magnesium untuk pertumbuhan dan penguatan tulang serta mencegah keretakan tulang, 3) Meningkatkan sistem  imunitas. Vitamin A berfungsi sebagai salah satu komponen sel darah putih yang berfungsi untuk melawan infeksi atau penyakit yang menyerang tubuh, 4). Dapat mencegah sembelit hingga 20 persen, 5). Kandungan asam folat dapat melancarkan peredaran darah. Kandungan lain pada bayam adalah beta karoten, xanten dan lutein. Ketiga zat tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga mata agar senantiasa sehat. Selain itu mengkonsumsi bayam secara rutin juga mencegah peradangan dan iritasi mata.

Kelebihan Bayam Brazil  yang tinggi tanamannya bisa mencapai 50 cm ini antara lain. toleran terhadap berbagai kondisi pH tanah, dapat tumbuh di tempat teduh bersama tanaman lainnya dan pengembangbiakannya sangat mudah. Dengan demikian, Bayam Brazil akan dibudidayakan oleh seluruh keluarga dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang ada. Di perkotaan atau perumahan, budi daya Bayam Brazil dapat dilakukan dalam pot atau polybag. Selamat mencoba.