SiLiLi Keren BKKBN

SiLiLi Keren BKKBN

Oleh: Drs. Mardiya

Ka Bidang Pengendalian Penduduk

 

Terhitung sejak Rabu, 26 Agustus 2020, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional telah meluncurkan Aplikasi SiLiLi Keren BKKBN, yang merupakan aplikasi untuk membangun Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) dengan Penyuluh KB dan Kader Insitusi Masyarakat Pedesaan (IMP) di seluruh Indonesia. Aplikasi yang diresmikan penggunaannya oleh Ka BKKBN Dr (HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) di Jakarta ini menjadi ajang yang ideal untuk silaturahmi, berbagi dan saling mengisi dalam rangka pengembangan program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di lini lapangan baik di level Kapanewon/Kecamatan, Kalurahan/Desa, hingga Pedukuhan/RW atau tingkatan yang lebih rendah (RT).

Melalui aplikasi yang memiliki fitur berita, media, video, statistik, chating, aktivitas hingga forum dan dapat diunduh melalui Play Store ini, Penyuluh KB dan Kader IMP di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dari Talaud hingga Pulau Rote, selain akan mendapatkan materi KIE dan perkembangan program Bangga Kencana dari BKKBN Pusat, juga dapat berbagi pesan, pengetahuan, wawasan dan pengalaman lapangan dalam mengimplementasikan program Bangga Kencana dengan sesama petugas lini lapangan. Sesuatu yang sangat mustahil dilakukan di masa lalu, sebelum ada perkembangan teknologi informasi yang makin canggih.

Bayangkan, saat ini BKKBN memiliki sekitar 26 ribu Penyuluh KB baik ASN maupun non ASN serta 482 ribu kader IMP di tingkat Kalurahan/Desa dan Pedukuhan/RW. Bila kader IMP di tingkat RT digabung, ditambah kader kelompok kegiatan (Poktan) yang terdiri dari kader BKB, BKR,BKL, UPPKS dan PIK Remaja, jumlahnya mencapai jutaan orang. Membangun komunikasi dengan mereka dalam suatu waktu tentu tidak mungkin dilakukan di masa lalu, sebelum teknologi informasi berkembang pesar dan apikasi SiLiLi Keren BKKBN ini dibangun.

Dengan adanya SiLiLi Keren, petugas lini lapangan dari lokasi terjauh pun dapat menyampaikan pesan Bangga Kencana kepada BKKBN Pusat yang akan sampai dalam hitungan detik. Sedangkan BKKBN Pusat pun dapat menyapa petugas lapangan dalam hitungan waktu yang sama. Dan hebatnya, pesan itu pun dapat diketahui oleh Penyuluh KB atau Kader IMP serta kader lainnya yang telah menjadi anggota di SiLiLi Keren BKKBN ini.

Dengan demikian, aplikasi SiLiLi Keren BKKBN menjadi jawaban atas banyaknya kendala membangun komunikasi langsung di era Pandemi Covid-19. Juga menjadi jawaban atas tantangan untuk memenuhi hak-hak publik terhadap informasi yang benar dan akurat terkait program Bangga Kencana di saat jumlah Penyuluh KB terus berkurang. Pengelola Program Bangga Kencana dari Pusat hingga Daerah pun akan mendapatkan informasi yang sama dalam suatu waktu, sehingga bias informasi dapat dihindari.

Sudah barang tentu, ke depan, aplikasi SiLiLi Keren BKKBN harus merupakan aplikasi canggih dan kuat untuk menampung tidak kurang dari 1,2 juta anggota di seluruh Indonesia. Belum lagi mereka tentu setiap harinya pasti akan terus berkomunikasi dan berinteraksi serta mengunggah video dan foto sebagai bukti eksistensi dan aktivitas mereka. Sementara BKKBN tentu juga akan terus mensuport materi penyuluhan serta informasi lainnya agar diketahui oleh petugas lini lapangan dan disebarluaskan pada masyarakat.