Deni Widi Astuti Penyanyi Campursari yang Konsisten Ber-KB

Ternyata ber-KB tetap trend di kalangan penyanyi atau artis lokal Kulon Progo. Jika sebelumnya kita tampilkan Mamik Suparmi yang sangat mendukung bahkan yang mendorong suaminya ber-KB MOP, maka saat ini kita tampilkan Deni Widi Astuti yang sangat konsisten dalam ber-KB yakni dengan menggunakan kontrasepsi IUD meskipun sempat beberapa bulan menggunakan Suntik.

Deni Widi Astuti yang lahir di Kulon Progo, 24 Januari 1982 adalah isteri dari R. Muh Hanafi Hayatullah, pemain orgen tunggal yang tinggal di Pedukuhan Kauman, Desa Tirtarahayu, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo. Pasangan ini menikah pada tanggal 9 Juni 2006 lalu. Putranya 2 orang perempuan dan laki-laki. Anak pertamanya, Rr. Salma Devi Fitriani (8 tahun) dan R. Rafi Adnan Hanafi (2 tahun).

Ia telah menggeluti dunia tarik suara sejak masih mahasiswa sekitar tahun 2004. Ia pernah menjadi penyanyi kroncong dan penyanyi pop namun belakangan mantap menjadi penyanyi campursari. Kebetulan suaminya sangat mendukung, karena dianggap lebih praktis dan lebih banyak job.

Menyinggung pengalamannya ber-KB. saat ditemui di rumahnya, Kamis (29/10) Deni menuturkan bahwa sesaat setelah kelahiran anak pertamanya, ia langsung mengikuti KB dengan menggunakan kontrasepsi IUD di Bidan Sagina Naibaho di Panjatan. Setelah selang 5 tahun dan merasa perlu menambah anak, ia melepasnya. Setelah kelahiran anak kedua, ia kemudian KB lagi, namun selama beberapa bulan menggunakan kontrasepsi suntik. Karena merasa lebih nyaman dengan menggunakan IUD, ia akhirnya kembali ke IUD lagi. Hal itu dirasakannya lebih praktis. Awalnya ia kontrol ke bidan untuk memeriksakan IUD yang digunakannya 6 bulan sekali, namun akhirnya sekarang diminta kontrol hanya kalau ada keluhan.