Sosialisasi Program Bangga Kencana

Bertempat di Balai Kalurahan Bugel, BKKBN bekerjasama dengan Pemda Kulon Progo menyelenggarakan Sosialisasi Program Bangga Kencana pada Momentum Sumpah Pemuda 2020 dengan sasaran remaja, pengurus Pokja Kampung KB, Poktan, Forkompimkap, Penyuluh KB, Pamong Kalurahan, tokoh masyarakat, tokoh agama  dan lintas sektor sebanyak 60 orang, Sabtu (7/11). Kegiatan  sosialisasi yang mengambil tema : Membangun SDM Berkualitas Mulai dari Keluarga ini menghadirkan narasumber Ka BKKBN Pusat Dr (HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K), Wakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana dan Anggota DPRD DIY Drs. Sudarto. Turut hadir dalam acara tersebut Direktur KIE BKKBN Pusat Eka Sulistia Edingsih, Ka Perwakilan BKKBN DIY Dr. Ukik Kusuma Kurniawan, SKM, MPS, MA dan Ka Dinas PMD Dalduk dan KB Sudarmanto, SIP, MSi.

Dalam paparannya, narasumber utama, Hasto Wardoyo menyatakan bahwa salah satu keberhasilan pembangunan bangsa ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia. Keluarga sebagai insitusi terkecil dalam masyarakat memiliki peran penting dalam penciptaan sumberdaya manusia yang berkualitas. Sebagai insitusi yang pertama dan utama bagi anak, keluarga menjadi tempat yang ideal untuk menggembleng generasi penerus agar menjadi tidak saja sehat, cerdas dan trampil, tetapi juga berkepribadian dan berkarakter serta bertaqwa kepada Tuhan YME. Oleh sebab itu, keluarga-keluarga yang ada harus disiapkan menjadi keluarga yang berkualitas (tentram, mandiri, bahagia) agar dapat menghasilkan generasi yang berkualitas pula.

Adapun tujuan kegiatan sosialisasi yang dimeriahkan dengan KIE Edutainment oleh Musisi Kulon Progo ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang peran anak muda/milenial dalam mempersiapkan diri dan masa depannya secara konkrit dan implementatif. Selain itu meningkatkan awareness anak muda/milenial tentang pentingnya asupan pemenuhan gizi dalam mendukung masa growth spurt saat usia remaja.