Sosialisasi Implementasi Pendidikan Kependudukan

Bertempat di Gedung Pertemuan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Kulon Progo (Unit III), Pemda Kulon Progo bekerjasama dengan Perwakilan BKKBN DIY menyelenggarakan Pertemuan Sosialisasi Implementasi Pendidikan Kependudukan dengan sasaran Kepala Sekolah dan Guru SD dan SMP dari 12 Kapanewon sebanyak 60 orang. Pertemuan yang dibuka oleh Ka Bidang Pengendalian Penduduk Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo Drs. Mardiya, menghadirkan narasumber Sub Koordinator Kerjasama Pendidikan Kependudukan Yusuf Prasetyo, SPsi, MSc. Dalam kesempatan tersebut hadir Kasi Pengendalian Penduduk dan Informasi Dinas PMD Dalduk dan KB Irawan Sarjuni, SST dan Sub Koordinator Penetapan Parameter Kependudukan Perwakilan BKKBN DIY, Zuhdi Astuti, SKM.

Sementara sekolah yang yang diikutsertakan dalam kegiatan pertemuan tersebut, di tingkat SMP antara lain: SMP N 3 dan 4 Wates, SMP N 2 Temon, SMP N 2  Sentolo, SMP N 1dan 3 Pengasih, SMP N 1 Galur, SMP N 1 Lendah, SMP N 1 Girimulyo, SMP N 1 Samigaluh, SMP N 1 Nanggulan, SMP N 1 Kalibawang dan SMP N 1 Panjatan. Sementara ditingkat SD meliputi: SD N 1 Glagah, SD NKalipenten, SD N Kaliandong, SD N Trisik, SD N Hargorejo, SD N 1 Depok, SD N Wadas, SD N Banasara dan SD N 1 Janturan.

Dengan adanya sosialisasi yang merupakan tindaklanjut dari hasil Virtual Meeting Evaluasi Program Pengendalian Penduduk Perwakilan BKKBN danVirtual Meeting Sosialisasi Implementasi Kerjasama Pendidikan BKKBN Pusat tersebut, diharapkan Ka Sekolah maupun Guru baik SD maupun SMP dapat mengimplementasikan pendidikan kependudukan di sekolah masing-masing dengan mengintegrasikannya pada mata pelajaran tertentu, sehingga siswa dapat memahami masalah kependudukan dan dampaknya terhadap kehidupan yang mendorong mereka untuk berperilaku yang memiliki pengaruh positif.