PERSIAPAN PELAPORAN APB KAL 2020 DAN UPAYA PENETAPAN APB KAL 2021 TEPAT WAKTU

Dalam rangka kesiapan pelaporan realisasi APBKal Tahun 2020 dan  persiapan  APBKal Tahun 2021  serta upaya optimalisasi Pendapatan Asli Kalurahan, Kepala Dinas PMD Dalduk dan KB telah melakukan  pemantauan kesiapan dan kunjungan silaturrahim  di 3 kalurahan pada Hari Selasa, 20 Oktober 2020, yaitu : Kalurahan Pendoworejo Girimulyo, Banjarsari Samigaluh dan Purwoharjo Samigaluh. Di tiga kalurahan ditemui masing-masing Lurah atau Pj dan pamong kalurahan khususnya Danarto. Pemantauan dan kunjungan kemarin dirasakan sangat bermanfaat, disamping menambah keakraban dan persaudaraan juga dapat  langsung  melakukan pembicaraan mendalam,  dengan  suasana diskusi dan sharing pendapat langsung dari lapangan atau pelaku kegiatan di kalurahan. Adapun dari pemantauan dapat diperoleh informasi diantaranya sebagai berikut :

  • semua kalurahan telah menerima edaran surat dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo terkait dengan persiapan laporan realisasi APBkal 2020 dan persiapan Apbkal 2021 namun demikian masing masing kalurahan masih berusaha memahami langkah-langkah kesiapan sebagaimana amanat surat tersebut. Pada prinsipnya adanya  rencana penerapan kebijakan siskeudes online tahun 2021,  Para Lurah dan Danarto ketika ditanya hal itu, menyatakan siap dan tidak ada kendala SDM, hanya kadangkala internet yang tidak stabil, namun untuk mengatasi hal itu setiap kalurahan telah memasang jaringan sendiri sehingga siap menyukeskan program yang berorientasi akuntabilitas dan trasnparansi ini. 
  • Terkait dengan tahapan ApbKal 2021, kalurahan juga telah melakukan tahapan musrenbang dan penetapan RKP Kalurahan sehingga produk perencanaan ini telah siap dalam proses pembahasan Apbkal bersama BPK, kalurahan mengharapkan pagu dana transfer segera disampaikan. Namun sambil  menunggu pagu definitif, pemerintah kalurahan diminta menggunakan pagu tahun ini terlebih dahulu. Terhadap edaran penetapan ApbKal 2021 tepat waktu, pada prinsipnya kalurahan siap untuk melakukan tahapan pembahasan bersama BPK, penyampaikan ke kapanewon dan penetapan APB kal.
  • Adapun terkait dengan pendapatan asli kalurahan, Dinas PMD Dalduk KB mendorong pemerintah kalurahan perlu menggali pengembangan usaha yang dilakukan Bumdes. Sehingga perlu adanya perluasan usaha bumdes, sambil meningkatkan kualitas pengelolaan unit jasa keuangan yang telah ada. Dalam upaya peningkatan Pendapatan Asli Kalurahan, beberapa kalurahan akan mengalokasikan Dana Kalurahan untuk penyertaan modal Bumdes guna pemberdayaan masyarakat dan peningkatan pendapatan Asli Kalurahan. Bahkan ada beberapa Bumdes telah merencanakan pengembangan usaha bumdes dalam unit pengelolaan wisata desa tahun 2021.(SDM)