TMMD Dapat Mewujudkan Ketahanan Masyarakat

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2015  Kabupaten Kulon Progo dilaksanakan di Pedukuhan Paingan Desa Sendangsari Kecamatan Pengasih selama 21 hari, mulai tanggal 8 Oktober 2015 s.d. 28 Oktober 2015. Sebagai inspektur upacara penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2015 adalah Bupati Kulon Progo, dr. Hasto Wardoyo yang juga membacakan amanat Pagdam IV/Diponegoro antara lain menyampaikan bahwa melalui program TMMD yang dilakukan secara berkesinambungan diharapkan akan dapat mewujudkan ketahanan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman yang muaranyaakan berdaya guna bagi kepentingan pertahanan Negara, hal tersebut sejalan dengan tema TMMD kali ini yaitu “Dengan Semangat Kemanunggalan TNI, Polri, Kementerian/ Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah dan Seluruh Komponen Bangsa lainnya, Kita Laksanakan Percepatan Pembangunan Melalui Program TNI Manunggal Membangun Desa Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Pedesaan”.

Pasiter Kodim 0731/Kulon Progo dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan berupa sasaran fisik dan non fisik, sasaran fisik antara lain  corblok jalan (1069 x 2,3 x 0,1 M), perkerasan jalan (469 x 2,7 x 0,15 M), pembuatan talud (60 x 0,5 x 1,2 x 1,5 M), pembuatan pos ronda 1 unit, finishing masjid Al Furqon, dan pembuatan gorong-gorong 4 unit, sedangkan kegiatan non fisik meliputi Pembinaan mental dan agama; penyuluhan narkoba, kenakalan remaja dan penyakit masyarakat; penyuluhan tentang bela Negara (PKBN) dan wawasan kebangsaan; penyuluhan kesehatan dan baksos KB; serta penyuluhan pertanian. Anggaran kegiatan ini sebesar 210 juta berasal dari APBD DIY 50 juta, APBD Kabupaten 150 juta dan swadaya masyarakat sebesar 10 juta, akan tetapi kalau dihitung nilai swadaya masyarakat lebih besar dari angka yang tertulis.

Dalam upacara penutupan juga dilaksanakan penandatangan naskah serah terima proyek TMMD oleh Bupati Kulon Progo dan Dandim 0731/Klp serta disaksikan oleh Forkopimda Kabupaten Kulon Progo, setelah upacara selesai kemudian dilanjutkan ke lokasi di Pedukuhan Paingan untuk meninjau hasil kegiatan mulai dari pos ronda, kemudian menyusuri corblok jalan yang telah dibangun dan berakhir di masjid Al Furqon, dalam kesempatan ini Komandan Kodim 0731/ Kulon Progo juga menandatangani prasasti yang disaksikan oleh Sekretaris BPMPDPKB Kab. Kulon Progo, Camat Pengasih, tamu undangan, serta masyarakat setempat.