Peningkatan Kapasitas Konselor Klinik Ketahanan Keluarga

Bertempat di Balai Kalurahan Sogan, Dinas PMD Dalduk dan KB Kabupaten Kulon Progo melakukan pembinaan pada 30 Konselor Klinik Ketahanan Keluarga Kalurahan Sogan, Rabu (23/9). Kegiatan pembinaan konselor yang dibuka oleh PJ Lurah Sogan Taufik Subagyo, SE ini menghadirkan praktisi konseling Vitria Rahayu Lenstari, SPsi dan dihadiri oleh Ka Bidang Pengendalian Penduduk Drs. Mardiya, Ka Seksi Advokasi Konseling Suparjiyah, SIP, Koordinator PKB Wates Kasriyati, SPd, MM, Kamituwo Sogan Sunyoto Nurwondo, sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Materi difokuskan pada pembahasan sosok konselor yang ideal,  bagaimana konselor menghadapi keluarga bermasalah, memberikan alternatif solusi maupun memberikan pendampingan pada keluarga yang bermasalah baik terkait dengan ketidakharmonisan hubungan suami isteri, keluarga dengan masalah ekonomi, keluarga dengan masalah pendidikan anak, pergaulan sosial dan sebagainya. Selain itu dilakukan diskusi dengan konselor klinik ketahanan keluarga terhadap persoalan keluarga yang pernah ditangani, solusi yang diberikan dan hasilnya.

Sebelumnya pembinaan pada konselor Klinik Ketahanan Keluarga telah dilakukan di Kalurahan Giripurwo, Selasa (22/9) yang dihadiri 30 konselor yang membidangi masalah keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi dan pembinaan lingkungan. Ke depannya, pembinaan akan dilanjutkan di Klinik Ketahanan Keluarga Kalurahan Pagerharjo, Kapanewon Samigaluh, pada akhir bulan September 2020.